Utama

5 Peminatan Sarjana FH UNAIR, Kampus Hukum Indonesia Terbaik 2022

Ada mata kuliah wajib minat dan pilihan minat. Peminatan akan terlihat dari mata kuliah yang diambil serta penulisan skripsi sesuai peminatan itu. Tersedia 24 SKS untuk Mata Kuliah Peminatan.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 4 Menit
Kampus FH UNAIR. Foto: unair.ac.id
Kampus FH UNAIR. Foto: unair.ac.id

Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH UNAIR) belum lama ini dinobatkan sebagai kampus hukum Indonesia terbaik 2022. Ada tiga lembaga pemeringkat internasional yang menilai secara independen capaian FH UNAIR itu. Nah, kira-kira seperti apa isi pembelajaran yang disajikan FH UNAIR kepada calon-calon yuris terbaik Indonesia di sana ya? “Kami punya lima peminatan untuk program reguler,” kata Amira Paripurna, Koordinator Program Studi Sarjana FH UNAIR kepada Hukumonline.

FH UNAIR adalah salah satu dari kampus-kampus hukum negeri yang paling awal berdiri di masa kemerdekaan Republik Indonesia. Sejarah FH UNAIR berawal pada Oktober 1951 saat lembaga pendidikan bernama Perguruan Tinggi Ilmu Hukum Surabaya didirikan. Empat orang Meester in de Rechten dari kalangan hakim, advokat, dan birokrat di Surabaya tercatat sebagai pendiri kampus hukum itu.

Baca juga artikel terkait seputar mahasiswa hukumdan profesi, silakan klik artikel Klinik berikut ini: Hukum Poligami dan Prosedurnya yang Sah di Indonesia

Catatan resmi FH UNAIR menyebut nama mereka yaitu Prof. Mr. Dr. K.R.M.T. Soeripto (Hakim Pengadilan Negeri Surabaya), Prof. Mr. RI Gondowardojo (Pegawai Tinggi Kantor Gubernur Jawa Timur), Prof. Mr. R.Boedisoesetya (Pegawai Tinggi Kantor Gubernur Jawa Timur), dan Mr. Kho Siok Hie (advokat di Surabaya).

Selanjutnya, atas dasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Nomor 23121/Kab tentang Pembukaan Cabang Bagian Hukum di Surabaya dari Fakultit Hukum, Sosial dan Politik Universitit Negeri Gadjah Mada, sejak 15 Juli 1952 Perguruan Tinggi Ilmu Hukum Surabaya beralih status menjadi cabang dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Baca Juga:

Selanjutnya, saat Universitas Airlangga diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 10 November 1954, ada tiga fakultas pertama yang ditetapkan sebagai bagian dari Universitas Airlangga. Masing-masing adalah Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Hukum. Sejak saat itu FH UNAIR resmi berdiri dan bukan lagi menjadi cabang FH UGM. Dekan pertama FH UNAIR adalah Prof. Mr.A.G. Pringgodigdo yang sekaligus menjabat sebagai Presiden Universitas Airlangga pertama. Sosok ini dikenal pula sebagai Sekretaris Negara pertama dalam Kabinet Presiden Soekarno.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait