5 Prospek Lowongan Pekerjaan Lulusan Hukum Syariah dan Hukum Islam
Terbaru

5 Prospek Lowongan Pekerjaan Lulusan Hukum Syariah dan Hukum Islam

Lulusan jurusan Hukum Syariah dan Hukum Islam menghasilkan lulusan yang berwawasan hukum Islam sekaligus hukum positif di Indonesia hingga menyinggung wacana hukum di negara-negara maju di Eropa dan Amerika, sehingga berpeluang besar dan dibutuhkan oleh banyak pihak.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
5 Prospek Lowongan Pekerjaan Lulusan Hukum Syariah dan Hukum Islam
Hukumonline

Lulusan hukum syariah dan hukum islam merupakan bagian dari salah satu jurusan di Fakultas Syariah yang mempelajari hukum-hukum Islam serta pengaruhnya terhadap berbagai aspek hidup yang diatur agama Islam.

Hukum Islam secara umum terbagi menjadi dua yaitu hukum taklifi yang terdiri dari wajib, sunnat, mubah, makruh, dan haram. Lalu kedua adalah hukum wadh’iy yang terdiri dari sebab, syarat, mani’, sah-batal, rukhsoh-’azimah.

Ciri khas hukum Islam adalah berwatak universal, berlaku abadi untuk umat islam dimanapun mereka berada, tidak terbatas oleh umat Islam di suatu tempat atau negara pada suatu masa.

Baca Juga:

Kemudian, menghormati martabat manusia sebagai kesatuan jiwa dan raga, rohani, dan jasmani, serta memuliakan manusia dan kemanusaiaan secara keseluruhan. Lalu, pelaksanaan dalam praktiknya digerakan oleh iman dan akhlak umat islam.

Pada saat menempuh pendidikan di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari mengenai hukum perdata dalam Islam yang mengatur perkawinan, izin poligami, kewajiban suami istri, cerai talak, cerai gugat, harta bersama, penguasaan anak, pengangkatan anak, pencabutan kekuasaan orang tua, penunjukan orang lain sebagai wali dan lain sebagainya.

Kemudian, jurusan ini juga akan mempelajari hukum pidana Islam yang mengatur tentang sengketa ekonomi dalam Islam dan hukum keluarga dalam Islam serta tata cara penyelenggaraan peradilan agama di Indonesia.

Tags:

Berita Terkait