Terbaru

6 Unsur Penting Perseroan Terbatas Berdasarkan Rumusan UU PT

Perseroan adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang terbagi dalam saham, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam UU serta pelaksanaannya.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
6 Unsur Penting Perseroan Terbatas Berdasarkan Rumusan UU PT
Hukumonline

Perseroan Terbatas (PT) adalah badan usaha yang didirikan berdasarkan perjanjian melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang-undang serta peraturan pelaksanaannya.

Untuk dapat disebut sebagai perseroan terbatas, harus memenuhi beberapa unsur, yaitu berbentuk badan hukum, didirikan atas dasar perjanjian, melakukan kegiatan usaha, modal terbagi atas saham, memenuhi syarat tertentu UU No. 1 Tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas.

Baca Juga:

Selain itu, ada unsur-unsur penting berdasarkan rumusan Undang-Undang Perseroan Terbatas, yaitu:

1.      Kelalaian atau kesalahan

Kelalaian yaitu tidak ada niat untuk merugikan pihak lain, meskipun perbuatannya telah merugikan, si pembuat kurang menduga atau kurang hati-hati.

Kesalahan dapat diukur secara objektif dan subjektif, secara objektif harus dibuktikan bahwa dalam keadaan seperti itu manusia yang normal dapat menduga kemungkinan timbulkan akibat dan kemungkinan ini akan mencegah manusia yang baik untuk berbuat atau tidak berbuat. Secara subjektif harus diteliti, apakah si pembuat berdasarkan keahlian yang dimilikinya dapat menduga akan akibat dari perbuatannya. 

2.      Etika baik

Etika baik dalam momen perjanjian merupakan adanya kejujuran, tidak menggilas satu sama lain, serta jika ada perjanjian terlalu memberatkan bisa dibatalkan.

3.      Kehati-hatian

Melakukan kehati-hatian pada subjeknya, menjadi tugas direksi dalam mengambil keputusan bisnis yang memadai dan mempertimbangkannya.

Tags:

Berita Terkait