AKHH Lawyers Kedepankan Pengetahuan Nyata, Bukti Jam Terbang Praktik Lapangan
Hukumonline Top 100 Indonesian Law Firms 2022

AKHH Lawyers Kedepankan Pengetahuan Nyata, Bukti Jam Terbang Praktik Lapangan

Dengan jam terbang yang tinggi, AKHH Lawyers mampu menerapkan pendekatan yang praktis dan komersial, juga sikap responsif terhadap setiap komunikasi dan kebutuhan klien.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Partner AKHH Lawyers, Hendry M. Hendrawan. Foto: istimewa.
Partner AKHH Lawyers, Hendry M. Hendrawan. Foto: istimewa.

Klien tak selalu mencari firma hukum yang mampu memberi harga rendah. Hal ini yang diyakini oleh Firma Hukum Adnan Kelana Haryanto & Hermanto (AKHH Lawyers) saat menanggapi banyaknya kelahiran firma hukum baik corporate maupun litigasi yang menawarkan harga rendah pada jasa hukumnya. Di tengah ramainya industri hukum masa kini, kemampuan memberikan solusi nyata, pemahaman atas isu dan keinginan klien, ditambah sikap reliable menjadi kunci untuk menjaga atau justru memperoleh klien baru. 

 

Partner AKHH Lawyers, Hendry M. Hendrawan menyampaikan bahwa setiap lawyer harus mengingat tanggung jawab profesional atas setiap hasil pekerjaan. Tanggung jawab ini akan mengikat lawyer tersebut, tidak hanya pada saat ini, tetapi juga hingga masa yang akan datang. "Jadi apakah menawarkan harga jasa hukum yang rendah tersebut akan sebanding dengan risiko dan tanggung jawab profesional juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memberikan penawaran jasa hukum," kata Hendry. 

 

Sementara itu tak ada formula khusus untuk mencapai skill yang diharapkan. Seluruhnya merupakan proses pembelajaran seumur hidup, mengingat setiap transaksi yang dikerjakan memiliki tantangannya masing-masing. Setiap tantangan, kemudian dihadapi dengan mengambil langkah yang berbeda-beda.

 

“Kadang, klien ingin agar transaksi dapat diselesaikan dengan sangat cepat. Sementara pada kenyataannya, ada berbagai proses yang harus dilalui dan ada pihak-pihak lain yang harus dihadapi agar semua pihak ‘on board’ dan ‘on the same page’,” Hendry menjelaskan.

 

Dalam situasi ini, yang dapat dilakukan adalah memberikan masukan kepada klien mengenai proses dan perjalanan transaksi, guna menyelaraskan ekspektasi klien. Namun, ada kalanya, AKHH Lawyers juga harus bekerja dengan intensitas sangat tinggi agar transaksi dapat diselesaikan dalam waktu sesingkat mungkin. Pada saat inilah, dibutuhkan komitmen tinggi dan pemahaman menyeluruh dari anggota tim AKHH Lawyers yang bekerja dalam transaksi tersebut—baik support staff maupun laywer.

 

Pengetahuan Nyata di Lapangan

Hendry memahami, selain harus bekerja cepat, ada ekspektasi bahwa konsultan hukum memiliki ilmu pengetahuan yang luas dan dapat memberi solusi untuk hampir semua masalah. Sepanjang mampu memenuhi ekspetasi klien, tentu tidak masalah. Namun, jika harus berhadapan dengan suatu bidang yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang ada, AKHH Lawyers akan berusaha memberi penjelasan dan arahan kepada klien untuk menunjuk konsultan ahli di bidang yang diperlukan. Dengan cara ini, diharapkan agar seluruh aspek dari transaksi dapat ditangani dengan baik oleh profesional yang sesuai dengan bidang kualifikasinya.

 

“Bersamaan dengan ini, kami selalu berupaya meningkatkan pengetahuan dan skill lawyer-lawyer kami untuk selalu update dengan isu-isu yang biasa dihadapi klien dan kondisi terkini. Selain memberikan kesempatan bagi para lawyer mengikuti pelatihan-pelatihan eksternal, kami juga berupaya melakukan transfer of knowledge kepada setiap lawyer yang terlibat dalam suatu pengerjaan sehingga proses belajar diharapkan menjadi lebih cepat dan peningkatan skill dapat lebih cepat tercapai,” ujar Hendry.

Tags: