Akhirnya Bisa Berkumpul Keluarga Kembali, Harapan Donny Ramdhon di Ramadan Kali Ini
#HangingOutWithHukumonline

Akhirnya Bisa Berkumpul Keluarga Kembali, Harapan Donny Ramdhon di Ramadan Kali Ini

Setiap perayaan hari Lebaran, Donny tidak sabar menanti menu spesial “Sate Khas Bengkulu” buatan keluarga besarnya. Menurutnya, itu menjadi salah satu momen yang hilang selama pandemi dua tahun terakhir.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Foto: #HangingOutWihHukumonline: Donny Ramdhon, Legal Manager Acer Indonesia
Foto: #HangingOutWihHukumonline: Donny Ramdhon, Legal Manager Acer Indonesia

Pandemi yang sudah terjadi selama dua tahun terakhir telah mengubah beberapa kebiasaaan saat bulan puasa dan lebaran Idul Fitri. Seperti kegiatan buka puasa dan sahur bersama yang biasanya dilakukan secara langsung berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, namun sejak pandemi ini menjadi terbatas dan hanya dilakukan melalui daring. “Harapan kedepannya agar aktivitas dapat kembali normal seperti masa-masa sebelum pandemi walau bertahap” ujar Donny.

Selain perubahan aktivitas buka bersama yang dilakukan secara online, tradisi mudik yang ada di tahun-tahun sebelumnya juga mulai hilang selama pandemi. Ia memutuskan untuk tetap berada di Jakarta, hanya berkunjung ke keluarga dekat, dan bersilaturahmi secara online untuk keluarga besar. Itulah yang dilakukan oleh keluarga Donny untuk mencegah virus Corona yang masih ada disekitar kita.

Kegiatan puasa dan beribadah selama pandemi masih termasuk normal. Namun, perbedaannya terasa saat berkumpul bersama keluarga menjadi lebih sering. Hal ini karena penerapan work from home membuat Bapak Donny lebih mudah berkumpul dengan keluarga. Tim Acer Indonesia sendiri hingga kini masih menerapkan Work From Home 50% dan Work From Office 50%.

Kebiasaan Baru di Bulan Ramadhan Sejak Pandemi

Sebelum adanya pandemi Covid-19, Donny dan rekan-rekannya di Acer Indonesia kerapkali mengadakan tradisi buka puasa bersama untuk menjadikan lebih erat hubungan antar karyawan dan menimbulkan toleransi antar karyawan di Acer Indonesia. Biasanya, ia bersama rekan-rekannya akan membuat “urunan” secara mingguan untuk membeli makanan atau takjil saat buka puasa, tradisi ini dilakukan oleh karyawan yang melaksanakan ibadah puasa hingga yang berencana untuk melanjutkan pekerjaan di kantor seusai jam kerja. Hal itu  tentu dirindukan oleh Legal Manager Acer Indonesia saat Ibadah Puasa sebelum adanya pandemi.

Kantornya tempat ia bekerja saat ini juga memiliki menu favorit saat melakukan buka puasa, yakni menyediakan menu “kambing guling” dan mengadakan sesi khotbah singkat sebelum adanya pandemi dan berlaku untuk seluruh karyawan di Acer Indonesia.

Sejak penerapan Working from Home dari awal pandemi, tradisi yang menghilang tentu digantikan dengan kegiatan berbuka puasa yang membuat ia lebih dekat dengan keluarga kecilnya. Pasalnya, bulan puasa ini memudahkan Donny dan keluarga untuk melakukan berbuka puasa dan sahur bersama. “Kalau dahulu kantor akan mempercepat jam kerja dengan tujuan untuk bisa berbuka puasa dirumah, sekarang saat pandemi ada berkah tersendiri karena selalu dapat berbuka dirumah dengan keluarga”, katanya pada Interview dengan tim Hukumonline pada 6 April lalu. Selain itu, Donny juga dapat dengan mudah untuk tetap melakukan hobi nya saat bekerja dari rumah yaitu bersepeda dengan rekan-rekannya ataupun mengajak keluarga kecilnya untuk bersepeda.

Hukumonline.com

Foto: Donny saat melakukan Buka Puasa Bersama

Kegiatan bertarawih di masjid juga sudah mulai Donny dan keluarga lakukan di tahun ini, sehingga menurutnya pandemi tahun ini sudah mulai mengembalikan keadaan saat Ramadhan di tahun sebelum adanya pandemi.

Halaman Selanjutnya:
Tags: