Akselarasi Peradilan Modern, MA Fokus Peningkatan Kualitas SDM dan Infrastruktur IT
HUT IKAHI ke-69

Akselarasi Peradilan Modern, MA Fokus Peningkatan Kualitas SDM dan Infrastruktur IT

Peringatan HUT IKAHI ke-69 yang mengusung tema “Peranan Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Untuk Mewujudkan Peradilan Modern Dalam Perspektif Lintas Negara” ini menjadi perayaan terakhir yang digelar Pengurus Pusat IKAHI Periode 2019-2022.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ketua Umum PP IKAHI Suhadi dalam Webinar Internasional memperingati HUT IKAHI ke-69, Kamis (17/3/2022). Foto: FKF
Ketua Umum PP IKAHI Suhadi dalam Webinar Internasional memperingati HUT IKAHI ke-69, Kamis (17/3/2022). Foto: FKF

Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) merupakan organisasi Hakim dari 4 lingkungan peradilan yakni peradilan umum, peradilan agama, peradilan Tata Usaha Negara (TUN), dan peradilan militer. IKAHI merayakan hari ulang tahunnya yang ke-69 dengan menyelenggarakan webinar internasional atas kerja sama IKAHI dengan United States Department of Justice (USDOJ) Office of Overseas Prosecutorial Development, Assistance and Training (OPDAT) dengan mengusung tema “Peranan Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi untuk Mewujudkan Peradilan Modern dalam Perspektif Lintas Negara”, Kamis (17/3/2022).

“(Webinar internasional ini) bertujuan berbagi pengalaman, inovasi, dan informasi antar negara dalam mewujudkan peradilan modern. Sehingga IKAHI dapat berkontribusi untuk mewujudkan visi Mahkamah Agung yaitu terwujudnya Badan Peradilan Indonesia yang Agung. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen pengurus pusat IKAHI untuk dapat menjalin kerja sama lembaga antar negara serta meningkatkan hubungan dengan para hakim di luar negeri,” ujar Ketua Umum PP IKAHI sekaligus Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung (MA) RI Suhadi dalam Webinar Internasional memperingati HUT IKAHI ke-69, Kamis (17/3/2022).

Forum diskusi internasional ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan teknis yudisial hakim Indonesia. Meski dalam kondisi pandemi Covid-19 yang telah melanda beberapa tahun belakangan, pengurus tetap berupaya untuk memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dalam berbagai kegiatan, sehingga acara dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan peringatan HUT IKAHI ke-69 ini menjadi perayaan terakhir yang digelar oleh Pengurus Pusat IKAHI Periode 2019-2022. Suhadi berharap ke depannya segala kerja sama yang telah dijalin baik dari kepengurusan sekarang bisa diteruskan dan ditingkatkan. Baik bentuk kerja sama dengan lembaga dalam negeri maupun luar negeri. Agar seluruh anggota IKAHI dapat senantiasa menerima kemanfaatan dari kerja sama yang berlangsung.

Baca:

Atas nama pengurus IKAHI, Suhadi menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan USDOJ OPDAT, kesediaan narasumber untuk berbagi ilmu pengetahuan, dan semua pengurus pusat IKAHI serta panitia acara HUT IKAHI ke-69. Meski dalam kondisi yang terbatas akibat Covid-19, mereka tetap semangat dan bekerja keras sehingga acara tetap dapat terselenggara.

“Penyelenggaraan seminar dan rangkaian acara ulang tahun IKAHI ini merupakan tradisi yang sudah kita lakukan sejak dulu, sekaligus menjadi bagian dari upaya IKAHI untuk memberikan kontribusi pemikiran bagi kemajuan dunia hukum di Indonesia,” ujar Ketua Mahkamah Agung dan Pelindung PP IKAHI Prof M. Syarifuddin dalam kesempatan yang sama.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait