AMSI dan Penegak Hukum Komitmen Perangi Kejahatan Siber
Terbaru

AMSI dan Penegak Hukum Komitmen Perangi Kejahatan Siber

Peran media massa untuk memverifikasi kebenaran informasi sangat diharapkan agar masyarakat terhindar dari hoaks.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 2 Menit
Pengurus AMSI DKI Jakarta Periode 2021-2024 Resmi Dilantik. Foto: MJR
Pengurus AMSI DKI Jakarta Periode 2021-2024 Resmi Dilantik. Foto: MJR

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bersama Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta menandatangani perjanjian nota kesepahaman (MoU) untuk berkomitmen memerangi kejahatan siber yang semakin marak terjadi. Peran media massa untuk memverifikasi kebenaran informasi sangat diharapkan agar masyarakat terhindar dari hoaks.

"AMSI ini selain mengedepankan independensi kemandirian pers, tapi juga bisa jadi lembaga kontrol pasukan di bawah," ungkap Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Reda Manthovani dalam penandatanganan MoU tersebut pada Rabu (3/8) di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Endra Zulpan mengungkapkan saat ini kejahatan siber semakin marak. Penegak hukum mengharapkan kerja sama dari AMSI salah satunya memerangi berita hoaks.

"Keberadaan AMSI sangat bantu dalam koordinasi pemberitaan positif, AMSI juga siap perangi berita hoaks apalagi masuki tahun pemilu. Kami sudah antisipasi sejak Polri terpisah dari TNi ada divisi siber tersendiri, perkembangan zaman tidak bisa dipungkiri," ungkap Endra.

Baca Juga:

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengungkapkan bahayanya informasi palsu dan kejahatan siber. Dia mencontohkan terdapat korban pinjaman online yang bunuh diri akibat serangan siber. 

Seperti diketahui, Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut melantik Pengurus AMSI DKI Jakarta Periode 2021-2024. Pelantikan tersebut disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung Perpustakaan Nasional di Jakarta, 3 Agustus 2022.

Jajaran Pengurus AMSI DKI Jakarta yang dilantik antara lain Rikando Somba (Validnews) sebagai Ketua AMSI DKI Jakarta, Yulis Sulistyawan (Tribunnews) sebagai Sekjen AMSI DKI Jakarta, Hadi Suprapto (Hops.id) sebagai Bendahara, TB Guritno (Tabloidbintang.com), Heru Margono (Kompas.com) sebagai Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Rusman (Jurnas.com) sebagai Bidang Dana dan Usaha, Fathan Qorib (Hukumonline.com), Rizal Malik (Akurat.co) sebagai Hubungan Antar Lembaga dan Advokasi serta Gaib Maruto (mnctrijaya.com) sebagai Bidang Pendidikan dan Pelatihan.

Dalam kesempatan yang sama, juga dilantik Koordinator Daerah Machroni Kusuma, Badan Pertimbangan dan Penasehat Organisasi Muhammad Teguh, Emrus Sihombing dan Jimmy Silalahi. Serta, Majelis Etik AMSI DKI Jakarta Periode 2021-2024 antara lain Maryadie (katadata.co.id), Maria Benyamin (bisnis.com) dan Irna Gustiawati (liputan6.com).

Tags:

Berita Terkait