Foto Essay

Asa Pencari Suaka

Di tempat penampungan sementara, para pengungsi sempat mengalami penolakan dari warga sekitar.

Oleh:
Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Foto: RES
Foto: RES

Setelah berhari-hari menetap di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, akhirnya ratusan para pencari suaka dipindahkan ke Lapangan eks Markas Komando Distrik Militer (Kodim) di Kalideres, Jakarta Barat. Pemindahan dilakukan menggunakan beberapa bus TransJakarta.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Pemindahan para pencari suaka ke tempat penampungan sementara ternyata tak menyelesaikan masalah. Di tempat penampungan mereka yang baru, yakni di bangunan eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat, para pencari suaka mengalami penolakan dari warga sekitar.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Sebelum dipindahkan, para imigran yang berasal dari empat negara tersebut sempat bertahan seminggu di depan Menara Ravindo yang ditempati oleh UNHCR. Keempat negara asal para imigran itu adalah Afghanistan, Pakistan, Sudan dan Somalia.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Ratusan pencari suaka itu bukan hanya orang dewasa saja, tapi puluhan anak-anak juga terpotret jelas. Sebagian di antaranya, tinggal di dalam tenda berukuran dua kali dua meter.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Semula, saat didata Dinas Sosial DKI Jakarta, jumlah pengungsi adalah 250 orang. Namun, setelah melewati pendataan, jumlah pencari suaka tersebut terus bertambah, hingga mencapai seribuan orang. Dengan rutin, petugas kesehatan dari Pemprov DKI Jakarta mendata para pengungsi sebelum masuk ke tempat penampungan sementara.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Membludaknya jumlah para pengungsi ini berpotensi menimbulkan persoalan baru lagi. Mulai dari ketersediaan mandi cuci kakus (MCK), fasilitas kesehatan memadai hingga makanan. Meski begitu, hingga saat ini keperluan para pengungsi mulai dari MCK, kesehatan hingga makanan masih terpenuhi.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Pemprov menganggarkan untuk kebutuhan hidup para pengungsi selama seminggu. Selebihnya, Pemprov DKI masih menunggu koordinasi antara pemerintah pusat dan UNHCR. Alasan para pencari suaka ini dipindahkan karena rasa kemanusiaan, yang diharapkan bisa menumbuhkan asa bagi mereka.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Tags: