Aspek Penting dalam Pembuatan Legal Due Diligence yang Efektif
Terbaru

Aspek Penting dalam Pembuatan Legal Due Diligence yang Efektif

Legal due diligence dilakukan untuk mengurangi potensi timbulnya risiko yang berdampak pada kerugian perusahaan. Agar pembuatan legal due diligence berjalan efektif maka dibutuhkan beberapa aspek penting.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Anggi Yanuar Saleh selaku Co-Founding Partner ANSS Counselor at Law. Foto: WIL
Anggi Yanuar Saleh selaku Co-Founding Partner ANSS Counselor at Law. Foto: WIL

Pembuatan legal due diligence dilakukan sebagai upaya untuk mendapatkan data objektif yang berkaitan dengan suatu rencana transaksi bisnis. Agar pembuatan legal due diligence berjalan efektif, memerlukan waktu dan resources yang cukup.

Terlalu banyak waktu yang diperlukan atau terlalu singkat waktu yang digunakan saat pembuatan legal due diligence mempengaruhi akhir dari legal due diligence, oleh sebab itu perlu waktu dan resources yang efektif.

Anggi Yanuar Saleh selaku Co-Founding Partner ANSS Counselor at Law mengungkapkan, perlu adanya pembagian dan tata cara agar legal due diligence berjalan efektif.

“Kita perlu sequence untuk mencoba menjawab bagaimana cara melakukan legal due diligence yang efektif. Hal ini agar kita tidak membuang terlalu banyak waktu dan resources. Kalau banyak waktu yang terbuang mengakibatkan tertundanya pekerjaan yang lain,” jelasnya dalam webinar Hukumonline, Kamis (28/7).

Baca Juga:

Anggi menyebutkan, ada tiga cara agar legal due diligence dapat dijalankan secara efektif. “Pertama, kita harus ketahui di depan, apa saja jenis transaksi. Ini penting karena treatment setiap jenis-jenis legal due diligence itu pasti beda-beda,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan legal due diligence perlu melihat apakah sudah ada perjanjiannya serta security package. Selain itu untuk melihat apakah ada aset atau tidak, serta melihat skema sekuritinya sudah di pasang secara benar atau tidak.

Tags:

Berita Terkait