Terbaru

Assegaf Hamzah & Partners Sambut Partner Baru Bidang Kekayaan Intelektual dan Industri Hiburan

AHP yakin dengan bergabungnya Ari Juliano Gema sebagai Partner yang berkecimpung dalam bidang Kekayaan Intelektual dan industri Hiburan diharapkan dapat menguntungkan dan membantu para klien.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Partner Baru Kantor Hukum AHP, Ari Juliano Gema. Foto: Istimewa
Partner Baru Kantor Hukum AHP, Ari Juliano Gema. Foto: Istimewa

Kantor Hukum Assegaf Hamzah & Partners (AHP) baru saja kembali menyambut Ari Juliano Gema sebagai Partner baru. Sebelum kembali bergabung dengan AHP, Ari atau yang lebih akrab disapa Ajo sempat menduduki sejumlah posisi penting pada instansi pemerintah. Mulai dari Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sejak tahun 2020, hingga menjabat Deputi Bidang Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi di Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia dari tahun 2015 sampai dengan 2019.

Selama menjabat, dirinya aktif terlibat pada pembahasan serta penyusunan sejumlah peraturan perundang-undangan tentang kekayaan intelektual, pariwisata, dan ekonomi kreatif. Salah satunya, UU No.24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif beserta peraturan pelaksananya. Ajo memimpin perumusan dan pembahasan UU tersebut. Terdapat banyak inisiatif pemberantasan atas pembajakan yang dilakukan di bawah kepemimpinannya, seperti dengan dibentuknya satuan tugas penanganan pelanggaran hak kekayaan intelektual produk ekonomi kreatif yang berfokus pada pelanggaran di industri musik, film, dan penerbitan.

Tidak hanya pada badan pemerintahan, Ajo juga sempat menduduki posisi sebagai Direktur Proyek di Creative Commons Indonesia. Organisasi tersebut merupakan organisasi nirlaba Amerika dan jaringan internasional yang memiliki tujuan untuk memperluas akses pendidikan serta bermacam karya kreatif bagi orang lain untuk digunakan dan dibagikan secara legal.

Baca Juga:

Dengan segudang pengalaman mengenai pemberian nasihat kepada klien domestik ataupun internasional, Ajo secara aktif melakukan sosialisasi dan edukasi publik terkait hak kekayaan intelektual bagi usaha kecil dan mikro dan juga komunitas kreatif. Disamping itu, dirinya kerap menjadi mentor dalam beragam inkubasi bisnis dan kompetisi bisnis untuk start-up.

“Ajo ini dulu pernah di AHP dan memiliki passion di bidang IP (Intelektual Property). Dengan berkembangnya digital dan industri entertainment saat ini, merupakan potensi dan peluang yang baik bagi AHP untuk dikembangkan. Ajo merupakan salah satu dari sedikit orang yang memahami aspek hukum area ini ditambah dengan background sebagai pejabat publik di sektor yang relevan,” ujar Managing Partner Assegaf Hamzah & Partners Bono Danu Adji ketika dihubungi oleh Hukumonline, Senin (23/5/2022).

Untuk itu, AHP menyambut baik bergabung kembalinya Ajo sebagai Partner dalam praktek IP dan industri Entertainment yang mulai efektif per Senin (11/4/2022) kemarin. Kedatangan Ajo membuat AHP kini genap memiliki total 30 Partner dalam firmanya. “AHP yakin ini bidang baru yang bisa dikembangkan, klien-klien juga akan diuntungkan dan terbantu dengan adanya practice baru ini di AHP. Bidang industri entertainment ini termasuk games juga di dalamnya,” terang Bono.

Tags:

Berita Terkait