Memahami Kedudukan Hukum Kepemilikan Airsoft Gun
Terbaru

Memahami Kedudukan Hukum Kepemilikan Airsoft Gun

Di negara-negara tertentu, kepemilikan Airsoft Gun ilegal. Bagaimana di Indonesia?

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi: HOL
Ilustrasi: HOL

Insiden seorang pria yang menodongkan barang yang diduga senjata api airsoft gun kepada pekerja konstruksi di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, viral di media sosial. Salah satu akun Instagram yang mengunggah video tersebut adalah akun @merekemamjakarta. Pria yang diketahui berinisial RPB (54), itu kemudian ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polres Metro Jakarta Selatan.

"Hari ini sudah menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jayam Kombes Pol Endra Zulpan, seperti dilansir Antara di Jakarta, Selasa (15/2).

Zulpan mengatakan motif pria paruh baya itu melakukan aksinya karena "zoom meeting" yang diikutinya terganggu dengan suara bising dari pekerjaan renovasi rumah yang dikerjakan oleh SES. (Baca: Dasar Hukum Penghentian Penyidikan Kasus Kecelakaan Maut AKP Novandi Arya Kharizma)

"Motif yang melatarbelakangi kasus ini adalah tersangka merasa kesal dan terganggu dan tidak nyaman dengan suara berisik yang ditimbulkan oleh korban yang sedang bekerja," ujarnya.

Menurut keterangan tersangka, dirinya sudah dua kali menegur korban tapi tidak diindahkan sehingga akhirnya RPB pun mengambil senjata "airsoft gun" miliknya untuk mengancam korban.

SES kemudian melaporkan kejadian yang dialaminya ke Polres Metro Jakarta Selatan yang berujung dengan penangkapan terhadap RPB. Meski demikian Zulpan tidak menjelaskan secara detail kapan yang bersangkutan ditangkap. Atas insiden itu, RPB ditetapkan sebagai tersangka dengan dipersangkakan pasal 335 KUHP dengan ancaman hukuman 1 tahun penjara.

Kedudukan Hukum Airsoft Gun

Dikutip dari klinik Hukumonline, Airsoft Gun merupakan senjata yang dibuat atau diproduksi menyerupai senjata api asli. Airsoft Gun dipasarkan sebagai perangkat bermain game yang dimaksudkan untuk mensimulasikan layaknya pertarungan sebenarnya. Dengan kata lain, airsfoft guns merupakan replika dari senjata api. Di negara-negara tertentu, kepemilikan Airsoft Gun itu ilegal. Hal ini bisa juga dijumpai dalam artikel Airsoft Guns yang dimuat dalam laman findlaw.com.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait