Batas-Batas Perbuatan yang Tidak Menyenangkan

Batas-Batas Perbuatan yang Tidak Menyenangkan

Perumusan dan penafsiran delik ini sangat elastis, sehingga berpotensi menjadi pasal keranjang sampah. Frasa perbuatan tidak menyenangkan pernah dibatalkan Mahkamah Konstitusi, tetapi tak menafikan penggunaan Pasal 335 KUHP dalam praktik.
Batas-Batas Perbuatan yang Tidak Menyenangkan
Sumber: Shutterstock

Pada umumnya, setiap orang berusaha menyenangkan keluarga, sahabat dan tetangganya. Jika banyak orang merasa senang, maka hubungan sosial relatif terjaga dengan baik. Praktiknya, sangat mungkin terjadi orang lain merasa tidak senang atas perkataan, perbuatan, sikap dan tindakan seseorang. Retaknya hubungan bertetangga, misalnya, acapkali disebabkan oleh perbuatan tidak menyenangkan oleh tetangganya.

Apa yang dimaksud dengan ‘perbuatan yang tidak menyenangkan’ telah menjadi suatu konsep yang dirumuskan ke dalam norma-norma hukum. Di masa kini, sangat mudah bagi seseorang melaporkan orang lain dengan dalih ‘perbuatan tidak menyenangkan’ atau ‘pencemaran nama baik’. Yang disebut terakhir sering terjadi terutama setelah lahirnya UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, sebagaimana diubah dengan UU No. 19 Tahun 2016.

Frasa ‘perbuatan tidak menyenangkan’ acapkali dipakai dan diperdebatkan di ruang pidana. Suatu hubungan bisnis yang awalnya baik pun bisa berujung pada tuduhan perbuatan tidak menyenangkan karena sesuatu hal. Simaklah kisah antara Daslam dan Adil yang pernah dimuat dalam buku Kompilasi Abstrak Hukum Putusan Mahkamah Agung tentang Hukum Pidana (2000). Alkisah, Daslam membangun kerja sama bisnis penggilingan padi dengan Adil. Sesuai perjanjian kerja sama, Adil menyerahkan modal kerja enam juta rupiah. Dari kerja sama itu diperoleh keuntungan, dan dibagi rata.

Kerja sama itu terus berjalan hingga suatu waktu, bisnis penggilingan padi mereka mengalami kerugian. Daslam tak bisa lagi membagi keuntungan. Dalam situasi ini, Adil meminta agar uang modal kerja sebesar enam juta rupiah dikembalikan. Daslam tak sanggup memenuhi permintaan itu. Adil menyarankan tanah, rumah dan mesin penggilingan padi dijual kepadanya.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional