Berbagai Pertimbangan Hakim di Perkara Dispensasi Nikah

Berbagai Pertimbangan Hakim di Perkara Dispensasi Nikah

Tidak semua dispensasi nikah diterima, tetapi ada juga yang ditolak.
Berbagai Pertimbangan Hakim di Perkara Dispensasi Nikah
Ilustrasi dispensasi perkawinan. Foto: pexels.com

Kisah pernikahan dua bocah masih ingusan yang masih berstatus pelajar SMP menggemparkan warga Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pernikahan dini sejoli usia belia itu pun viral di media sosial. Pengantin pria diketahui bernama Muhammad Ferdi berusia 14 tahun. Dia mempersunting kekasihnya Nikma Sari Saskia (15).

Kedua mempelai diketahui menikah siri setelah sebelumnya pihak keluarga sempat meminta surat pengantar ke pihak KUA saat akan menikahkan siswa-siswi SMP itu. Hanya, permintaan itu ditolak pihak kelurahan karena keduanya merupakan anak di bawah umur, namun mereka bisa mendaftarkan pernikahan nanti setelah usia mereka sudah cukup menurut peraturan perundang-undangan.

Kisah menikah di bawah umur ini juga terjadi pada 2021 lalu, Dua anak di bawah umur yang masih berstatus pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) berinisial MG (14) dan FN (16) resmi menjadi pasangan suami istri. Warga Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara tersebut melangsungkan pernikahannya pada Sabtu (6/3/2021) sekitar pukul 09.00 WIB.

Keluarga kedua mempelai bersepakat menikahkan anaknya tersebut karena dianggap saling mencintai dan demi menghindari perbuatan dosa. Berbeda dengan yang terjadi di Wajo, prosesi ijab kabul yang dilakukan pasangan anak di bawah umur tersebut berlangsung di rumah mempelai wanita di Kelurahan Laompo dengan dipandu kepala KUA Batauga.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Batauga Samsul Ridi menjelaskan, permohonan pernikahan kedua mempelai tersebut awalnya sempat dilakukan penolakan. Pasalnya, usia dari kedua mempelai diketahui masih di bawah umur.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional