Berkolaborasi dengan Teknologi sebagai Solusi Advokasi
Hukumonline's NeXGen Lawyers 2023

Berkolaborasi dengan Teknologi sebagai Solusi Advokasi

Menurut Cynthia, hukum dan regulasi bersifat dinamis serta terus berkembang seiring perkembangan masyarakat, konsultan hukum dituntut untuk selalu up-to-date dengan perkembangan yang ada, khususnya perkembangan teknologi yang seyogyanya dipandang sebagai kawan dan bukan lawan.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Foto: Cynthia Prastika Limantara,  Dr. Michael Hans & Associates “MHANSLaw”
Foto: Cynthia Prastika Limantara, Dr. Michael Hans & Associates “MHANSLaw”

Cynthia Prastika Limantara telah tergabung pada Kantor Hukum Dr. Michael Hans & Associates “MHANSLaw” sejak tahun 2021 dan sampai dengan saat ini, terlibat dalam penanganan beberapa project serta case, termasuk project pendanaan platform teknologi, legal compliance platform e-commerce skala internasional, PKPU & kepailitan dengan total nilai perkara lebih dari Rp 700 miliar, enforcement pelanggaran hak eksklusif merek dagang skala internasional, perselisihan pemegang saham, serta juga secara aktif menjadi konsultan hukum tetap untuk perusahaan cloud computing, IT infrastructure, dan multimedia. 

Ketertarikannya pada perkembangan teknologi telah dimulai sejak kuliah. Dalam skripsinya, Cynthia membahas mengenai salah satu bentuk perkembangan dari teknologi keuangan, yaitu penggunaan cryptocurrency sebagai jaminan kebendaan. Topik tersebut diangkat karena minatnya untuk meninjau lebih dalam mengenai konsep cryptocurrency, sebagai salah satu aset digital yang menggunakan teknologi blockchain. 

Beranjak dari penelitian yang dilakukannya tersebut, dan atas kesempatan yang diberikan oleh Tim Hukumonline untuk melakukan publikasi artikel, Cynthia bersama dengan principal attorney pada MHANSLaw, Dr. Michael Hans juga pernah melakukan penelitian lebih lanjut mengenai aspek hukum terkait Artificial Intelligence/kecerdasan buatan, khususnya terkait hak cipta, dengan judul, “Menyoal Aspek Hak Cipta atas Karya Hasil Artificial Intelligence”.

Ketertarikannya untuk memperdalam pengetahuan terkait teknologi dimotivasi oleh efisiensi jarak dan waktu, dengan mempertimbangkan lokasi klien MHANSLaw yang tersebar berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Oleh karena itu, teknologi memegang peran yang penting. Contohnya, dengan penggunaan sistem project management dan planning serta menggunakan dokumen elektronik atau paperless agar lebih ramah lingkungan. 

Selain itu, penggunaan aplikasi dan platform digital juga sudah tidak asing pula dalam proses due diligence maupun investigasi terhadap pihak-pihak yang berkaitan dengan case atau project yang ditangani. Lebih lanjut, pemanfaatan platform-platform elektronik seperti Hukumonline untuk legal research yang optimal dan maksimal juga menunjang perannya sebagai konsultan hukum. 

Dalam era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, kita bukan saja harus bersaing dengan teknologi, tapi juga perlu untuk berkolaborasi dengan teknologi demi menunjang profesi yang dijalankan. Salah satunya dimulai dengan mempelajari cara kerja teknologi tersebut. Perkembangan teknologi sudah semakin pesat. Kombinasi antara hard-work dan smart-work untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien haruslah ada.

Sebagai orang yang selalu bersemangat untuk mengembangkan diri dan mudah beradaptasi dengan keadaan, kontribusi Cynthia selalu terlihat nyata dalam case maupun project yang ditangani oleh kantor hukum MHANSLaw. “Hal ini tidak lepas juga dari kemampuan Cynthia untuk berkolaborasi dengan teknologi-teknologi yang ada untuk memecahkan masalah dan mendukung kinerjanya”, ujar Michael Hans, sebagai principal attorney dan founder dari MHANSLaw.

Halaman Selanjutnya:
Tags: