10 Artikel Klinik Terpopuler:

Cara Menafsirkan Perjanjian Hingga KK untuk Pasangan Nikah Siri

Jika terpidana narkotika tak mampu membayar denda hingga pengertian somasi dan cara membuatnya turut diulas Klinik Hukumonline.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Cara Menafsirkan Perjanjian Hingga KK untuk Pasangan Nikah Siri
Hukumonline

Klinik Hukumonline terus berupaya memberikan akses terhadap informasi hukum yang up-to-date dan terpercaya melalui berbagai artikel yang dikemas dengan ringkas dan mudah dicerna. Selain itu, informasi-informasi tersebut juga kami sajikan dalam bentuk infografis, video YouTube, dan ada pula layanan chatbot dengan Legal Intelligent Assistant (LIA).

Kamu juga bisa mendengarkan perbincangan isu hukum yang seru dan menarik melalui Hukumonline Podcast lewat berbagai platform podcast yang tersedia.

Berikut ini 10 artikel Klinik Hukumonline terpopuler di media sosial berdasarkan pemantauan tim Klinik selama sepekan terakhir. Mulai dari cara menafsirkan perjanjian berdasarkan KUH Perdata, hingga bisa tidaknya pasangan yang menikah siri membuat kartu keluarga (KK). Jangan lupa klik masing-masing artikel ya!

  1. Cara Menafsirkan Perjanjian Menurut KUH Perdata

Lazimnya, hubungan kontraktual diawali dengan tahap pra-kontrak. Pada fase ini, para pihak saling bernegosiasi dan berusaha menyamakan semua perbedaan yang ada. Sehingga, pada tahap penutupan kontrak, para pihak dianggap telah memahami semua klausul yang tertera dalam kontrak.

Meski demikian, perbedaan penafsiran seringkali masih muncul, terutama pada tahap pelaksanaan kontrak. Bagaimana hal ini diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata)?

  1. Penunjukan Langsung dalam Pengadaan Barang/Jasa oleh Swasta

Pengadaan barang/jasa oleh perusahaan swasta pada dasarnya merujuk pada peraturan internal masing-masing perusahaan. Namun menurut hemat kami, ketentuan yang dibuat tentunya juga harus memperhatikan kaidah-kaidah dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat termasuk pula larangan bersekongkol.

  1. Pengertian Somasi dan Cara Membuatnya

Somasi (somatie atau legal notice) adalah teguran terhadap pihak calon tergugat. Tujuan diberikannya somasi adalah memberi kesempatan kepada pihak calon tergugat untuk berbuat sesuatu atau menghentikan suatu perbuatan sebagaimana tuntutan pihak penggugat. Bagaimana cara membuatnya? Adakah format khusus atau aturan baku untuk membuat somasi? Klinik untuk tahu jawaban selengkapnya.

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru

Lihat Semua