Cara Menentukan Dasar Penelitian Hukum, Cocok untuk Skripsi
Terbaru

Cara Menentukan Dasar Penelitian Hukum, Cocok untuk Skripsi

Untuk membuat sebuah tulisan ilmiah yang sesuai dengan struktur penulisan yang benar, menggunakan cara dengan menentukan dasar penelitian hukum untuk memudahkan proses penelitian dan proses penulisan penelitian.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Cara Menentukan Dasar Penelitian Hukum, Cocok untuk Skripsi
Hukumonline

Skripsi atau karya tulis ilmiah sewajarnya harus ditempuh oleh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan strata 1, yang bertujuan agar mahasiswa dapat berpikir secara logis dalam menguraikan serta menyelesaikan suatu permasalahan sehingga dapat menuliskannya ke dalam bentuk laporan yang tersusun dan sistematis.

Untuk dapat menyelesaikan skripsi, hal pertama yang harus ditentukan adalah topik penelitian serta dasar penelitian yang akan dilakukan. Dasar penelitian yang kuat akan mempengaruhi jalannya proses penelitian.

Melakukan penelitian, merupakan salah satu keahlian dasar mahasiswa ilmu hukum. Bagi mahasiswa yang masih bingung dalam menentukan dasar penelitian hukum, berikut beberapa cara agar dapat menentukan dasar penelitian hukum yang dapat membantu mahasiswa akhir dalam menyelesaikan skripsi, khususnya untuk mahasiswa jurusan ilmu hukum.

Baca Juga:

Menentukan fokus penelitian

Memilih topik penelitian yang tepat dan yang dikuasai akan memudahkan berlangsungnya proses penelitian kedepannya. Pilihlah topik yang paling dikuasai sehingga tidak ada alasan untuk menunda penelitian karena topik yang dipilih adalah topik yang paling dipahami.

Baca juga artikel terkait seputar mahasiswa hukum, silakan klik artikel Klinik berikut ini:7 Macam Aliran Hukum dalam Rechtsvinding

Pemilihan topik yang dikuasai menjadi penting, lantaran mengingat proses penelitian dapat berlangsung berbulan-bulan, sehingga dibutuhkan ketekunan untuk menjalankannya. Jika topik yang dipilih tidak sesuai dengan kemampuan dan minat, maka hanya akan mempersulit proses penelitian dan pada akhirnya penelitian akan terkendala oleh kemalasan karena tidak adanya motivasi untuk mengerjakannya.

Tags:

Berita Terkait