Cara Perusahaan dapat Menghapus Data Permintaan Karyawan
Terbaru

Cara Perusahaan dapat Menghapus Data Permintaan Karyawan

Perusahaan harus teliti dalam mengidentifikasi serta melindungi data pribadi dengan cermat, begitupun dengan permintaan menghapus data dari karyawan.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Helena Sitorus selaku anggota Asosiasi Praktisi Pelindungan Data Indonesia (APPDI) dalam Masterclass Pelindungan Data Pribadi, Selasa (28/11). Foto: RES
Helena Sitorus selaku anggota Asosiasi Praktisi Pelindungan Data Indonesia (APPDI) dalam Masterclass Pelindungan Data Pribadi, Selasa (28/11). Foto: RES

Data pribadi telah menjadi aset yang sangat berharga yang memerlukan perlindungan yang cermat. Isu mengenai pelindungan data pribadi ini semakin muncul sebagai prioritas utama, terutama mengingat jumlah yang semakin melonjak dari informasi yang dikumpulkan, disimpan, dan diolah oleh berbagai entitas, termasuk perusahaan, organisasi pemerintah, dan individu.

“Data pribadi adalah setiap data tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan atau nonelektronik,” ujar Helena Sitorus selaku anggota Asosiasi Praktisi Pelindungan Data Indonesia (APPDI) dalam Masterclass Pelindungan Data Pribadi, Selasa (28/11).

Ia melanjutkan, Privasi merujuk pada hak individu untuk menjaga informasi pribadi mereka dari akses yang tidak sah. Ini mencakup kontrol atas data pribadi dan penentuan cara data tersebut digunakan. 

Baca juga:

Sedangkan pelindungan data pribadi merupakan bagaimana perusahaan yang mendapatkan data seseorang untuk bisa menjaga privasi subjek datanya untuk tetap sesuai dengan perundang-undangan dan tidak menyalahi aturan yang berlaku.

Seperti yang tercermin dalam General Data Protection Regulation (GDPR) di Uni Eropa dan UU No. 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi di Indonesia, regulasi ini menuntut pelaku usaha untuk mematuhi serangkaian tindakan penting. Pemahaman ini hanya akan terwujud dengan kesempurnaan melalui implementasi yang tepat sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Perusahaan harus teliti dalam mengidentifikasi serta melindungi data pribadi dengan cermat, mengimplementasikan tindakan keamanan yang kuat untuk menjaga integritas data. Perusahaan organisasi harus meminta izin yang jelas dari individu sebelum mengumpulkan atau menggunakan data pribadi mereka, memastikan proses pengumpulan data berada di bawah kendali individu tersebut.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait