Catat! Ini Waktu Penyelenggaraan Musyawarah Nasional Ketiga PERADI
Utama

Catat! Ini Waktu Penyelenggaraan Musyawarah Nasional Ketiga PERADI

Kemajuan teknologi yang melanda dunia hari-hari ini lewat revolusi industry 4.0 merupakan tantangan yang harus mampu dijawab oleh advokat dalam menjalankan tugasnya di sektor jasa hukum.

Oleh:
Moh. Dani Pratama Huzaini
Bacaan 2 Menit
Dari kiri ke kanan: Ketua Umum PERADI SAI Juniver Girsang, Ketua Umum PERADI RBA Luhut MP Pangaribuan, dan Ketua Umum PERADI Fauzie Yusuf Hasibuan. Foto: HOL
Dari kiri ke kanan: Ketua Umum PERADI SAI Juniver Girsang, Ketua Umum PERADI RBA Luhut MP Pangaribuan, dan Ketua Umum PERADI Fauzie Yusuf Hasibuan. Foto: HOL

Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) dalam waktu dekat akan segera menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) yang ke III. Singkirkan dulu pertanyaan anda tentang PERADI yang mana karena ketiga-tiganya akan menyelenggarakan Munas dalam waktu yang relatif berdekatan. Di mulai dari PERADI Suara Advokat Indonesia (SAI) yang diketuai oleh Juniver Girsang, kemudian disusul PERADI yang diketuai Fauzie Yusuf Hasibuan atau biasa yang disebut PERADI Soho, dan PERADI Rumah Bersama Advokat (RBA) yang diketuai Luhut Pangaribuan.

 

Berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan hukumonline, PERADI SAI rencananya akan menyelenggarakan Munas pada 28-29 Februari 2020 di Hotel Grand Mercure, Ancol mendatang. Berselang sebulan kemudian, PERADI Soho akan melaksanakan Munasnya di Surabaya, Jawa Timur, pada 29-31 Maret 2020. Sedangkan PERADI RBA, menyelenggarakan Munasnya pada 19 Juni 2020 mendatang.

 

Pantauan hukumonline, terlihat betul kesiapan ketiga PERADI dalam melaksanakan momentum demokrasi organisasi lima tahunan ini. Semangat yang dibawa oleh ketiga-tiganya pun praktis serupa. “Menyiapkan Advokat Indonesia untuk menghadapi era revolusi industry 4.0,” ujar Ketua PERADI Soho, Fauzie Yusuf Hasibuan, kepada Hukumonline, Minggu (9/2) lalu, di sela-sela acara penutupan Nasional Moot Court Competition PERADI.

 

Sementara Ketua Umum PERADI SAI, Juniver Girsang, mengungkapkan hal ini dengan mengatakan bahwa kemajuan teknologi yang melanda dunia hari-hari ini lewat revolusi industry 4.0 merupakan tantangan yang harus mampu dijawab oleh advokat dalam menjalankan tugasnya di sektor jasa hukum.

 

“Advokat sekarang harus mampu memahami dan mengoperasikan teknologi ini,” ujar Juniver saat ditemui di Sekretariat Dewan Pimpinan Nasional PERADI SAI.

 

Tidak jauh berbeda, Ketua Organizing Comittee (OC) Munas ke III PERADI RBA, M. Syafei, di sela-sela kunjungannya ke kantor hukumonline menyebutkan tema yang akan diusung dalam Munas Ke III PERADI RBA Juni mendatang adalah Demokratis, Modern, dan Milenial. Hal ini menurut Syafei merupakan cerminan dari keinginan PERADI RBA agar anggotanya kelak selain meningkatkan kapasitas sebagai advokat, tapi juga mampu menyesuaikan diri dengan laju perkembangan teknologi. “Agar Advokat tidak ketinggalan,” ujar Syafei.

 

Semangat ini kemudian bisa terlihat lewat pendekatan teknologi yang digunakan oleh masing-masing PERADI dalam proses Munas. PERADI SAI maupun RBA nantinya akan menggunakan mekanisme elektronic voting saat pemilihan Ketua Umum baru dalam Munas mendatang. Diakui oleh Juniver maupun Syafei, metode ini akan digunakan pada penyelenggaran Munas masing-masing.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait