Daftar Jurusan Hukum di SNBP 2023? Ini 2 Mata Pelajaran Pendukungnya
Terbaru

Daftar Jurusan Hukum di SNBP 2023? Ini 2 Mata Pelajaran Pendukungnya

Mata pelajaran pendukung ini berfungsi untuk membantu calon mahasiswa bisa beradaptasi dengan pembelajaran di perguruan tinggi.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Daftar Jurusan Hukum di SNBP 2023? Ini 2 Mata Pelajaran Pendukungnya
Hukumonline

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan transformasi dari program Merdeka Belajar dalam perguruan tinggi. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI No. 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana pada PTN menyatakan bahwa transformasi pendidikan tinggi di Indonesia yang sekarang bertujuan untuk membentuk lulusan yang memiliki kompetensi multidisiplin dan memiliki dasar yang kuat terhadap disiplin ilmu utama setiap program studinya.

Arah kebijakan transformasi pendidikan tinggi ini, diimplementasikan dalam mekanisme penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri secara nasional dan mandiri yang sejalan dengan semangat merdeka belajar guna mendorong peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan pada jenjang sebelumnya.

SNBP menggantikan SNMPTN, pada jalur ini calon mahasiswa ditekankan memiliki kompetensi yang holistik dan lintas disipliner. Hal ini dikarenakan untuk sukses di masa depan, diperlukan berbagai kompetensi, seperti seorang pengacara harus memiliki ilmu dasar tentang hukum tetapi di sisi lain perlu memiliki ilmu komunikasi yang jadi pembeda.

Pada program SNBP, terdapat tiga aspek penilaiannya yaitu minimal 50% rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran, 50% nilai mata pelajaran pendukung, dan portfolio. Mata pelajaran pendukung merupakan komponen penggali minat bakat.

Mata pelajaran pendukung adalah pelajaran yang berhubungan dengan jurusan yang akan dituju. Untuk pemilih jurusan Ilmu Hukum, maka mata pelajaran pendukungnya adalah Sosiologi dan PPKn.

Mata pelajaran pendukung sosiologi dan atau Pendidikan Pancasila berlaku untuk semua siswa dengan Kurikulum Merdeka sedangkan mata pelajaran PPKn untuk siswa IPA dan Bahasa, serta mata pelajaran PPKn dan atau Sosiologi untuk siswa IPS dengan Kurikulum 2013.

Mata pelajaran pendukung ini ditentukan berfungsi untuk membantu calon mahasiswa bisa beradaptasi dengan pembelajaran di perguruan tinggi. Sementara itu, untuk seleksi SNBP 2023 mata pelajaran pendukung merupakan komponen penggali minat bakat.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait