Terbaru

Dari Pengambilan Sumpah Advokat Hingga Capital Market Lawyers Ranking 2021

Mengenal LAPS SJK sebagai alternatif penyelesaian sengketa di luar peradilan umum, Capital Market Lawyers Ranking 2021, dan tata cara penggunaan dan pengajuan surat keterangan pendaftaran tanah.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Dari Pengambilan Sumpah Advokat Hingga Capital Market Lawyers Ranking 2021
Hukumonline

Dari tahun ke tahun, tak henti-hentinya Hukumonline dengan terus setia memberikan ragam informasi hukum berkualitas setiap harinya kepada masyarakat luas. Tentu, tiap artikel yang disajikan khususnya dalam bentuk pemberitaan bertujuan agar masyarakat lebih melek hukum.

Beragam isu disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Kali ini, Redaksi Hukumonline merangkum 5 artikel pilihan yang tayang pada Kamis (19/5). Yuk, kita simak artikelnya bersama-sama!

  1. Pengambilan Sumpah Advokat di Seluruh Pengadilan Tinggi Indonesia Digelar Juni 2022

Ribuan sarjana hukum lulus ujian profesi advokat setiap tahunnya. Tahap selanjutnya, mereka harus mengantre jadwal pengangkatan dan pengambilan sumpah. Namun, baik jadwal ujian profesi advokat maupun pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat sama-sama tak memiliki ketentuan pasti untuk diprediksi kapan penyelenggaraannya. Pada Juni 2022, akan diselenggarakan pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat di pengadilan tinggi Seluruh Indonesia.

  1. LAPS-SJK Sebagai Alternatif Penyelesaian Sengketa Jasa Keuangan

Terdapat Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) sebagai alternatif penyelesaian sengketa di luar peradilan umum. Sejak 2021, penyelesaian sengketa melalui LAPS sektor jasa keuangan yang sebelumnya dilaksanakan BAPMI, BMAI, BMDP, LAPSPI, BAMPPI dan BAMPPVI disatukan menjadi LAPS-SJK. Dengan demikian, penyelesaian sengketa akan lebih cepat karena telah tersentralisasi mengingat semakin banyaknya produk keuangan hybrid.

Baca Juga:

  1. Tata Cara Penggunaan dan Pengajuan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah

Layanan informasi mengenai pertanahan kini dapat diakses dengan mudah melalui sarana elektronik. Dalam mewujudkan indikator registering property, pemerintah menerbitkan Petunjuk Teknis No.5/Juknis-100.HK.02/VIII/2021 tentang Layanan Informasi Pertanahan dan Tata Ruang Secara Elektronik.

  1. Ketua MA Sampaikan 5 Langkah Menjaga Integritas

Dalam pelantikan empat orang Ketua Pengadilan Tingkat Banding, Rabu (18/5/2022) kemarin, Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof Syarifuddin menekankan pentingnya menjaga integritas. Bagi seluruh aparatur peradilan, integritas menjadi sesuatu yang wajib dijaga dan tidak dapat diinterupsi sebagai kunci menentukan wajah lembaga peradilan menjadi baik atau justru sebaliknya.

Tags:

Berita Terkait