10 Artikel Klinik Terpopuler:

​​​​​​​Dari Tata Cara Sidang Pidana Elektronik Hingga Bangun Proyek Wisata di Taman Nasional Komodo

​​​​​​​Bolehkah memiliki KK walau menikah siri hingga status hubungan kerja porter di stasiun turut dibahas Klinik Hukumonline.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
​​​​​​​Dari Tata Cara Sidang Pidana Elektronik Hingga Bangun Proyek Wisata di Taman Nasional Komodo
Hukumonline

Informasi hukum kini menjadi salah satu kebutuhan masyarakat berbagai kalangan. Melalui rubrik Klinik Hukumonline, kamu bisa memperoleh berbagai informasi hukum yang dikemas ke dalam artikel yang ringkas dan mudah dicerna. Tak hanya itu, informasi hukum tersebut juga kami kemas ke dalam bentuk infografis, video YouTube, dan chatbot.

Tak ketinggalan, kini kamu bisa mendengarkan ragam perbincangan isu hukum yang menarik dan up to date melalui Hukumonline Podcast lewat berbagai platform podcast yang tersedia.

Kemudian berdasarkan pemantauan sepanjang sepekan terakhir, berikut ini kami sajikan 10 artikel Klinik Hukumonline terpopuler di media sosial. Dari tata cara sidang pidana elektronik hingga isu pembangunan proyek wisata di Taman Nasional Komodo.

  1. Tata Cara Sidang Pidana Secara Elektronik

Mahkamah Agung baru saja mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik (Perma 4/2020). Perma 4/2020 mengatur secara detail mengenai mekanisme persidangan perkara pidana secara elektronik dari mulai persiapan persidangan hingga pemberitahuan putusan.

  1. Langkah Jika Tanah Wakaf Diklaim Hak Milik dan Mau Dijual

Sebidang tanah wakaf yang tiba-tiba diklaim kepemilikan dan hendak dijual oleh seorang warga, dapat diajukan pembatalan sertifikat hak atas tanah terhadap sertifikat tanah warga itu. Selain pembatalan, status tanah wakaf juga sebaiknya dikuatkan dengan Akta Ikrar Wakaf atau Akta Pengganti Akta Ikrar Wakaf.

  1. Anak Bawaan Menuntut Harta Gono-Gini Ibunya ke Ayah Tiri

Pada dasarnya anak tiri tidak berhak atas warisan kecuali ada wasiat dari pewaris. Selain itu, pasca resmi bercerai tidak ada lagi hubungan kewarisan antara mantan suami dan mantan istri. Namun perlu diingat, masing-masing berhak seperdua pembagian harta bersama atau harta gono-gini setelah bercerai. Maka sebelum menuntut, status harta harus diperjelas kembali apakah masuk harta gono-gini atau bukan.

  1. Bisakah Memiliki KK Walau Menikah Siri?

Karena tidak dicatatkan, nikah siri tidak memiliki kutipan akta perkawinan/buku nikah. Padahal, salah satu syarat penerbitan Kartu Keluarga (“KK”) adalah adanya buku nikah. Lantas bagaimana caranya agar nikah siri bisa memperoleh KK?

Halaman Selanjutnya:

Berita Terkait

Berita Populer

Berita Terbaru

Lihat Semua