Dirancang Lulus 3,5 Tahun, Ini Dia Kurikulum Terbaru STIH IBLAM
Terbaru

Dirancang Lulus 3,5 Tahun, Ini Dia Kurikulum Terbaru STIH IBLAM

Banyak alumni berkiprah sebagai aparat penegak hukum. Beberapa alumni dari kalangan profesional hakim, jaksa, dan polisi berkarier cemerlang di instansi masing-masing.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 3 Menit
Kampus STIH IBLAM. Foto: iblam.ac.id
Kampus STIH IBLAM. Foto: iblam.ac.id

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) IBLAM bernama Institute of Business Law and Management saat memulai perjalanannya 29 tahun lalu. Selanjutnya kampus ini berganti nama dan fokus pada pendidikan tinggi hukum. Kampus hukum yang lahir pada 12 Juli 1993 ini telah banyak menghasilkan lulusan dengan karier cemerlang. Sebut saja dua nama tokoh hukum nasional yang pernah memimpin lembaga kekuasaan kehakiman yaitu Ketua Mahkamah Agung 2012-2020, Hatta Ali dan Ketua Mahkamah Konstitusi menjabat Anwar Usman.

“Mahasiswa kami banyak yang berasal dari aparat penegak hukum,” kata Feny Windiyastuti, Ketua Program Studi Sarjana STIH IBLAM kepada Hukumonline. Hal itu karena STIH IBLAM termasuk pionir dalam program kelas pekerja dengan jadwal kuliah sore sampai malam. “Kelas pagi dimulai pukul sembilan sampai pukul tiga atau empat sore. Lalu, kelas sore dimulai pukul lima sampai pukul sembilan malam,” Feny menambahkan.

Baca juga artikel terkait seputar mahasiswa hukum, silakan klik artikel Klinik berikut ini: Hierarki Peraturan Perundang-undangan di Indonesia  

“Kami punya 2 konsentrasi yaitu bisnis dan pidana. Perkuliahan dilakukan di kampus Jakarta dan Depok,” kata Gunawan Nachrawi, Ketua STIH IBLAM kepada Hukumonline. Kampus utama STIH IBLAM ada di Jakarta dengan masing-masing kampus menyediakan program sarjana dan magister.

“Sejak awal fokus IBLAM memang hukum bisnis karena dulu kami Institute of Business Law and Management. Lalu mahasiswa kami banyak berminat pada bidang hukum pidana jadi sekarang ada dua konsentrasi,” kata Feny menjelaskan soal konsentrasi studi di STIH IBLAM.

Baca Juga:

Selain Hatta Ali dan Anwar yang hakim karier, Sekretaris Mahkamah Agung yang saat ini  menjabat, yang belum lama ini dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Peradilan Ekonomi Islam Universitas Lampung, Hasbi Hasan juga alumni program magister STIH IBLAM. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi 2015-2019 Basaria Panjaitan yang sebelumnya polisi dan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi 2011-2015 Zulkarnain yang sebelumnya jaksa juga tercatat alumni program magister STIH IBLAM.

Tags:

Berita Terkait