Apa Itu Doxing dan Bagaimana Jerat Hukumnya?
Terbaru

Apa Itu Doxing dan Bagaimana Jerat Hukumnya?

Apa itu doxing? Doxing adalah perbuatan membuka data diri seseorang dan membagikannya di ruang publik tanpa persetujuan.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi doxing. Sumber: pexels.com
Ilustrasi doxing. Sumber: pexels.com

Istilah doxing kembali marak diperbincangkan. Perbuatan ini sebetulnya berkaitan dengan pelanggaran akan data pribadi seseorang. Simak pengertian hingga jerat hukumnya dalam ulasan berikut.

Apa itu Doxing?

Istilah doxing atau dikenal pula dengan doxxing merupakan akronim dari dropping documents. Awalnya, doxing digunakan untuk menggambarkan tindakan peretas dalam hal pengumpulan informasi pribadi seseorang.

Baca juga:

Hal tersebut sebagaimana definisi yang dimuat dalam Cambridge Dictionary yang mengartikan dox atau doxing adalah tindakan menemukan atau menerbitkan informasi pribadi seseorang di internet tanpa izin mereka, terutama dengan cara yang mengungkapkan nama, alamat, dan lain-lain.

Namun, dalam konteks saat ini, sebagaimana diterangkan SAFEnet, agaknya doxing lebih dari sekadar membuka data diri seseorang dan membagikannya di ruang publik tanpa persetujuan. Definisinya pun terus berkembang, terutama dalam kalangan akademisi.

Lisa Bei Li (dalam SAFEnet, 2020: 5) menerangkan bahwa arti doxing adalah kondisi di mana pribadi seseorang dibagikan di internet tanpa persetujuan. Dengan kata lain, perilaku tersebut termasuk bentuk pelanggaran hak privasi. Lebih lanjut, Li menerangkan bahwa jika dikelompokkan, doxing merupakan bentuk perisakan daring.

Kemudian, Armando dan Soeskandi dalam Bureaucracy Journal menerangkan bahwa arti doxing sebagai salah satu kejahatan cybercrime, yang kegiatannya mengumpulkan data pribadi seseorang dapat berupa nama lengkap, alamat rumah, nama orang tua, riwayat penyakit, rekening di bank dan lain sebagainya; yang kemudian akan dipublikasikan untuk mengintimidasi korban. Adapun tujuan utama doxing, antara lain sebagai bahan lelucon, membungkam seseorang, dan lain sebagainya.

Tags:

Berita Terkait