Doxing dan Jerat Hukum yang Mengintai bagi Pelakunya
Doxing dan Jerat Hukum yang Mengintai bagi Pelakunya
Terbaru

Doxing dan Jerat Hukum yang Mengintai bagi Pelakunya

Istilah doxing sempat viral beberapa waktu lalu. Doxing adalah perbuatan membuka data diri seseorang dan membagikannya di ruang publik tanpa persetujuan.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Ilustrasi doxing. Sumber: pexels.com
Ilustrasi doxing. Sumber: pexels.com

Sempat dengar istilah doxing yang beberapa waktu lalu sempat mencuri perhatian publik? Perbuatan ini sebetulnya berkaitan dengan pelanggaran akan data pribadi seseorang. Simak pengertian hingga jerat hukumnya dalam ulasan berikut.

Apa itu Doxing?

Istilah doxing atau dikenal pula dengan doxxing merupakan akronim dari dropping documents. Awalnya, doxing digunakan untuk menggambarkan tindakan peretas dalam hal pengumpulan informasi pribadi seseorang.

Hal tersebut sebagaimana definisi yang dimuat dalam Cambridge Dictionary yang mengartikan dox atau doxing adalah tindakan menemukan atau menerbitkan informasi pribadi seseorang di internet tanpa izin mereka, terutama dengan cara yang mengungkapkan nama, alamat, dan lain-lain.

Baca Juga:

Namun, dalam konteks saat ini, sebagaimana diterangkan SAFEnet, agaknya doxing lebih dari sekadar membuka data diri seseorang dan membagikannya di ruang publik tanpa persetujuan. Definisinya pun terus berkembang, terutama dalam kalangan akademisi.

Lisa Bei Li (dalam SAFEnet, 2020: 5) menerangkan bahwa arti doxing adalah kondisi di mana pribadi seseorang dibagikan di internet tanpa persetujuan. Dengan kata lain, perilaku tersebut termasuk bentuk pelanggaran hak privasi. Lebih lanjut, Li menerangkan bahwa jika dikelompokkan, doxing merupakan bentuk perisakan daring.

Senada dengan pendapat Li, Peter Snyder dkk. menerangkan bahwa perilaku ini merupakan salah satu bentuk pelecehan daring. Tidak hanya terbatas pada perisakan atau pelecehan secara daring, David M. Douglas menerangkan bahwa doxing merupakan “alat” yang digunakan untuk menguntit dalam dunia maya atau cyberstalking.

Tags:

Berita Terkait