DPC IKADIN Jakpus: Tak Ada Instruksi untuk Munas PERADI
Berita

DPC IKADIN Jakpus: Tak Ada Instruksi untuk Munas PERADI

Fokus pada peningkatan peran IKADIN di masyarakat.

Oleh:
RIA
Bacaan 2 Menit
Acara pelantikan DPC IKADIN Jakarta Pusat, Rabu lalu (11/2). Foto: Facebook
Acara pelantikan DPC IKADIN Jakarta Pusat, Rabu lalu (11/2). Foto: Facebook

Sejarah mencatat Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) didirikan oleh delapan organisasi advokat. Dari delapan organisasi advokat itu, dua di antaranya memiliki massa advokat yang cukup besar, yakni Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) dan Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN).

Menyambut gelaran Musyawarah Nasional (Munas) PERADI 2015, AAI secara tegas memberi dukungan kepada sang Ketua Umum Humphrey Djemat untuk bertarung memperebutkan kursi Ketua Umum PERADI, walau pada kenyataannya ada beberapa advokat AAI yang juga tetap mendeklarasikan diri untuk maju pada Munas mendatang.

Sedangkan dari IKADIN, beredar dua nama, Fauzie Yusuf Hasibuan dan Luhut MP Pangaribuan, yang siap maju menuju PERADI 1. Lalu, bagaimana sikap cabang-cabang IKADIN terkait pencalonan itu?

Wakil Ketua I Dewan Pimpinan Cabang (DPC) IKADIN Jakarta Pusat Hendronoto Soesabdo mengambil posisi “netral” dengan tidak mengarahkan anggotanya ke salah satu calon. Ia menegaskan tidak ada instruksi apapun dari DPC IKADIN Jakpus kepada anggota terkait Munas PERADI 2015 mendatang.  

Ninot, sapaan akrabnya, juga menyatakan anggota IKADIN Jakpus bebas memilih sesuai dengan kehendaknya masing-masing. “Kita nggak menginstruksikan apa-apa kepada anggota,” ujarnya ketika dihubungi hukumonline, Senin (23/2).

Di samping memang DPC IKADIN tidak sama dengan DPC PERADI yang memiliki hak suara untuk pencalonan Ketua Umum DPN PERADI, Ninot menyampaikan anggota punya hak untuk memilih berdasarkan penilaian mereka.

“Kita dewasakan saja advokat-advokat Indonesia (ditujukan kepada calon yang akan maju,- red). Kita bikin mereka saling menunjukkan kualitas. Ya, kalau para anggota melihatnya berkualitas dan mampu memimpin lima tahun ke depan, ya semoga saja dapat suara terbanyak,” tuturnya.

Tags:

Berita Terkait