Etika yang Harus Dimiliki dalam Pembuatan Jurnal Ilmiah Hukum
Terbaru

Etika yang Harus Dimiliki dalam Pembuatan Jurnal Ilmiah Hukum

Etika publikasi sejatinya harus dipahami dan dipatuhi oleh para pelaku publikasi ilmiah, mulai dari penerbit, editor, reviewer, dan penulis. Rambu-rambu etika ini berguna menjaga profesionalitas proses publikasi.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Arie Afriansyah selaku perwakilan Indonesia Journal of International Law (IJIL). Foto: WIL
Arie Afriansyah selaku perwakilan Indonesia Journal of International Law (IJIL). Foto: WIL

Etika penulisan merupakan norma atau standar aturan perilaku yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan oleh penulis tentang baik dan buruknya cara penulisan ilmiah. Etika bukan dinilai perihal benar atau salahnya sebuah jurnal, melainkan mengenai cara penulisan serta mengetahui baik buruk bagi penulis jurnal tersebut.

Asosiasi Pengelola Jurnal Hukum se-Indonesia (APJHI) melalui workshop publication ethics menyampaikan, di dalam penulisan jurnal ilmiah hukum, baik seorang penulis dan seorang reviewer harus memiliki etika tersendiri. 

“Pastikan dalam jurnal ilmiah semua yang berada didalamnya mulai dari editor, reviewer dan penulis jurnal itu sendiri memiliki etika dalam proses pembuatan jurnal ilmiah,” ujar Arie Afriansyah selaku perwakilan Indonesia Journal of International Law (IJIL) secara daring pada Selasa (15/11).

Baca Juga:

Arie lebih lanjut menjelaskan masing-masing editor, reviewer dan penulis di dalam jurnal ilmiah memiliki etika yang berbeda-beda sesuai dengan tanggungjawab dan kewajibannya. 

“Pertama untuk editor, seorang editor harus independen atas penentuan hasil publikasi dari artikel yang di submit. Keputusan dari editor harus keputusan murni berdasarkan kualitas dari artikel tersebut. Namun, seorang editor juga berpegang pada kebijakan jurnal dan memperhatikan suara dari anggota editor lain dan mitra bestarinya,” jelasnya.

Lebih lanjut Arie menuturkan seorang editor harus memastikan pada saat proses peer review bersifat adil, tidak bias, dan segera. 

Tags:

Berita Terkait