FH UGM, Pionir Kampus Hukum Indonesia dengan Program Internasional
Utama

FH UGM, Pionir Kampus Hukum Indonesia dengan Program Internasional

Mahasiswa mendapatkan orientasi internasional agar kompetitif di tingkat global. Berbagai kegiatan yang memberikan international exposure menjadi syarat tambahan kelulusan, termasuk mengikuti double degree.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 3 Menit
Kampus FH UGM. Foto: ugm.ac.id
Kampus FH UGM. Foto: ugm.ac.id

Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) tercatat sebagai kampus hukum top Indonesia yang pertama memiliki International Undergraduate Program (IUP). “Sudah ada sejak tahun 2003, sangat banyak lulusan sampai saat ini,” kata Dahliana Hasan, Dekan FH UGM kepada Hukumonline.

Sampai saat ini sudah ada lebih dari 347 lulusan yang dihasilkan sejak tahun 2008. Hukumonline mencatat saat ini setidaknya baru ada dua kampus hukum Indonesia lain yang juga memiliki program internasional, seperti FH UGM. IUP FH UGM adalah program internasional pada program studi sarjana hukum.

“Program ini memberikan orientasi internasional, international exposure kepada mahasiswa,” kata Richo Andi Wibowo, Direktur International Undergraduate Program (IUP) sekaligus Sekretaris Program Studi Sarjana FH UGM.

Perkuliahan diselenggarakan sepenuhnya dengan bahasa Inggris serta dengan suasana akademik berstandar internasional. Ada pengajar tamu dari dosen-dosen asing dari kampus hukum di luar negeri serta mahasiswa asing yang belajar di IUP FH UGM.

“Ada mahasiswa asing yang mendaftar dari luar negeri untuk menyelesaikan sarjana hukum di IUP FH UGM, misalnya pernah dari Korea Selatan. Ada juga mahasiswa asing dari program pertukaran dengan kampus luar negeri,” ujar Richo.

Baca juga artikel terkait seputar mahasiswa hukum dan profesi, silakan klik artikel Klinik berikut ini: Urutan Pangkat Polisi di Indonesia Hingga Lambangnya

Ia mengatakan Indonesia semakin diperhitungkan dalam dunia bisnis global, sehingga studi hukum Indonesia ikut diminati oleh mahasiswa asing. Mahasiswa IUP FH UGM wajib mengikuti kegiatan akademik berskala internasional untuk syarat kelulusan.

Tags:

Berita Terkait