Terbaru

FHUI Kampus Hukum Terbanyak Hasilkan Anggota DPR RI 2019-2024

Ada 11 anggota DPR RI 2019-2024 pernah menempuh studi hukum di Universitas Indonesia. Masing-masing dari jenjang sarjana, magister, hingga doktor hukum.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 4 Menit
Gedung DPR. Foto: RES
Gedung DPR. Foto: RES

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menjadi almamater yang paling banyak menghasilkan lulusan hukum di kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).  Jumlah ini termasuk lulusan hukum di jenjang pascasarjana. Data ini membuktikan pernyataan Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Andre Rahadian dalam sebuah wawancara terpisah bersama Hukumonline beberapa waktu lalu.  

“Sebenarnya banyak alumni UI yang menjabat sebagai anggota DPR,” kata dia.

Saat itu, Andre merespon dorongan terbuka Dekan FHUI agar para alumni mengambil alih panggung kepemimpinan Indonesia. “Sistem demokrasi kita masih sangat berpusat pada partai politik, jadi tidak bisa leluasa melibatkan diri berkiprah secara independen. Saya mengapresiasi alumni yang mau masuk ke partai politik meski harus sabar,” kata pemilik firma hukum Dentons HPRP ini.

Baca Juga:

Ternyata, data membuktikan alumni FHUI terbanyak diantara para lulusan hukum kampus lainnya di DPR RI. Berikut ini ringkasan profilnya dari portal resmi DPR RI. Urutan profil berdasarkan fraksi dengan jumlah terbanyak.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

1. Marsiaman Saragih, S.H.

Marsiaman menempuh studi hukum di FHUI pada tahun 1978-1983. Saat ini ia terpilih mewakili rakyat dari daerah pemilihan Riau II dan bertugas di Komisi XI DPR RI.

2. Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H.

Arteria menyelesaikan semua studi hukum di FHUI. Sarjana hukum peminatan hukum ekonomi dijalani tahun 1994-1999 dan magister hukum peminatan ketatanegaraan pada tahun 2012-2014. Kariernya dimulai dari magang di firma besar Hadiputranto, Hadinoto & Partners (HHP Law Firm), Junior Lawyer di firma Hutabarat, Halim & Rekan. Lalu, menjadi Partner di Bastaman & Co., hingga mendirikan kantor Arteria Dahlan Lawyers.

Saat ini Arteria mewakili rakyat untuk daerah pemilihan Jawa Timur VI dan bertugas di Komisi III serta Badan Legislasi DPR.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait