Forum Hukum BUMN, Wadah Penyelesaian Berbagai Isu Hukum
Terbaru

Forum Hukum BUMN, Wadah Penyelesaian Berbagai Isu Hukum

Melalui program yang dipersiapkan, Forum Hukum BUMN dapat semakin berperan aktif dan diakui eksistensinya sebagai partner strategis bagi Kementerian BUMN dan stakeholders BUMN lain.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ketua Umum Dewan Pengurus Forum Hukum BUMN Puji Haryadi. Foto: Istimewa
Ketua Umum Dewan Pengurus Forum Hukum BUMN Puji Haryadi. Foto: Istimewa

Belum lama ini, Forum Hukum BUMN telah menggelar pertemuan di Yogyakarta pada Jum’at (25/3/2022) lalu. Acara tersebut dilaksanakan secara hybrid, secara offline dan online bagi peserta yang berhalangan untuk hadir. Jajaran Dewan Pengawas, Dewan Pengurus, Tim Inovasi Forum Hukum BUMN, dan sebagian Direksi dan Pimpinan Fungsi Hukum BUMN menghadiri langsung pertemuan yang dibuka oleh Deputi Hukum dan Perundang-undangan Kementerian BUMN Carlo B. Tewu.

Terdapat 2 agenda utama dalam pertemuan yang berlangsung di Grand Inna Malioboro saat itu. Pertama, sebagai wadah dilangsungkannya Rapat Umum Anggota Forum Hukum BUMN Tahun 2022 yang merupakan agenda rutin Forum Hukum BUMN sesuai Anggaran Dasar. Dalam agenda ini, Dewan Pengurus Forum Hukum BUMN melaporkan pertanggungjawaban atas pengelolaan kegiatan serta keuangan Forum Hukum BUMN yang sebelumnya sudah dilaksanakan sekaligus program-program Forum Hukum BUMN ke depan. Selain itu, dilakukan Pengesahan Perubahan sebagian ketentuan Anggaran Dasar Perkumpulan Forum Hukum BUMN.

Kedua, dilangsungkan Diskusi Forum Hukum BUMN yang membahas perihal Restorative Justice. Dalam diskusi tersebut hadir Guru Besar Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Prof. Marcus Priyo Gunarto, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta Dr. Rudi Margono, dan Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta Dr. H. Kresna Menon sebagai narasumber.

“Diskusi ini untuk memberi tambahan wawasan dan pengetahuan bagi Direksi BUMN dan seluruh Pimpinan Hukum serta insan hukum BUMN terkait ketentuan dan penerapan atas Restorative Justice dalam penyelesaian hukum pidana yang menyangkut BUMN,” ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Forum Hukum BUMN Puji Haryadi kepada Hukumonline, Senin (30/5/2022).

Baca Juga:

Pertemuan tersebut memang merupakan salah satu agenda dari Forum Hukum BUMN. Untuk diketahui, program yang telah dicanangkan Pengurus Forum Hukum BUMN terbagi ke dalam program tahunan dan program jangka panjang.

Program tahunan yakni Sharing session atas Strategic & Current Issues terkait BUMN; Klinik hukum bagi BUMN; Penyelenggaraan focus group discussion atau seminar bagi BUMN; Melakukan kajian atas rancangan peraturan perundang-undangan bersama instansi pemerintah dan/atau lembaga melalui kementerian BUMN; dan Courtesy Visit dan kolaborasi bersama lembaga-lembaga pemerintah, lembaga peradilan dan perguruan tinggi.

Selanjutnya terdapat 3 program strategis jangka panjang. Antara lain Pengembangan dan pengelolaan serta bagi pakai Informasi dan Data Hukum BUMN; Pengembangan Organisasi dan Kompetensi Insan Hukum BUMN (Recruit, Retain, & Develop) melalui program pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi Insan Hukum BUMN serta program strategis dalam menjaring talenta terbaik salah satunya melalui Forum Hukum BUMN goes to campus; dan Pengembangan Forum Hukum BUMN dalam proses Mediasi dan Advokasi yang unggul bagi BUMN dalam penyelesaian berbagai permasalahan hukum termasuk antar sesama BUMN.

Puji berharap melalui program yang dipersiapkan, Forum Hukum BUMN dapat semakin berperan aktif dan diakui eksistensinya sebagai partner strategis bagi Kementerian BUMN dan stakeholders BUMN lain. Tidak hanya itu, Puji berharap agar kemanfaatan Forum Hukum BUMN sebagai wadah penyelesaian berbagai isu dan masalah hukum terkait BUMN dapat terus meningkat.

Dengan menjadi fasilitator bagi BUMN untuk memiliki organisasi hukum yang maju dan modern serta insan-insan pengelola fungsi hukum yang andal dan profesional, Forum Hukum BUMN didambakan untuk dapat terus berkembang juga terus berperan dan bermanfaat sebagai media informasi dan komunikasi bagi BUMN.

“Direksi BUMN dapat memberi dukungan dan kepercayaan kepada para Pimpinan Fungsi Hukum dan seluruh insan hukum di BUMN untuk ikut berperan aktif dan berkontribusi dalam mengembangkan Forum Hukum BUMN untuk mencapai visi dan misinya serta secara aktif mengikuti program yang diinisiasi atau diselenggarakan Forum Hukum BUMN,” harapnya.

Tags:

Berita Terkait