Gaji Profesi Legal Perusahaan 2023 Hingga Mengenal Prinsip Ultra Petita
Terbaru

Gaji Profesi Legal Perusahaan 2023 Hingga Mengenal Prinsip Ultra Petita

Lima pilar yang difokuskan dalam UU PPSK, Perppu Ciptaker dinilai tak penuhi syarat konstitusi, dan lowongan kerja hukum terbaru di perusahaan pada Februari 2023.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Gaji Profesi Legal Perusahaan 2023 Hingga Mengenal Prinsip Ultra Petita
Hukumonline

Dari tahun ke tahun, tak henti-hentinya Hukumonline dengan terus setia memberikan ragam informasi hukum berkualitas setiap harinya kepada masyarakat luas. Tentu, tiap artikel yang disajikan khususnya dalam bentuk pemberitaan bertujuan agar masyarakat lebih melek hukum.

Beragam isu disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Kali ini, Redaksi Hukumonline merangkum 5 artikel pilihan yang tayang pada Senin (20/2). Yuk, kita simak artikelnya bersama-sama!

  1. Wamenkeu Sampaikan 5 Pilar Fokus Pemerintah dalam UU PPSK

RUU tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU PPSK) telah disahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi UU No.4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK). RUU tersebut ditandatangani Presiden Jokowi pada 12 Januari 2023 lalu. Undang-Undang ini digadang-gadang sebagai upaya pemerintah dan DPR untuk mendorong kesejahteraan umum melalui reformasi sektor keuangan Indonesia.

Baca Juga:

  1. Survei: Gaji Profesi Legal Perusahaan 2023 Capai Rp 200 Juta per Bulan

Perusahaan perekrutan tenaga kerja global, Michael Page telah menerbitkan laporan Panduan Gaji Page Insights mengenai besaran referensi gaji pada profesi-profesi tertentu. Laporan ini ditujukan sebagai referensi kepada manajer perekrutan dan calon pegawai di berbagai industri berdasarkan fungsi pekerjaan, termasuk posisi Legal, Finance, Technology, Human Resource, Engineering, Sales, dan lainnya.

  1. Guru Besar Ini Sebut Perppu Cipta Kerja Tak Penuhi Syarat Konstitusi

Hasil rapat badan legislasi (Baleg) DPR RI Rabu (15/02/2023) kemarin menyepakati Perppu No.2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja dibawa ke tahap pembicaraan tingkat II atau sidang paripurna pada masa sidang berikutnya. Keputusan ini kembali menuai protes dan kritik dari beberapa elemen masyarakat, salah satunya dari kalangan akademisi.  

  1. Mengenal Prinsip Ultra Petita

Prinsip ultra petita dikeluarkan hakim atas perkara yang tidak dituntut atau meluluskan lebih dari pada yang diminta. Dalam konteks hukum acara pidana, putusan ultra petita dikeluarkan karena dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) kurang sempurna dan sebagai wujud pengembangan hukum progresif, di mana hakim bukan hanya sebagai corong undang-undang tetapi merupakan corong keadilan yang mampu memberikan putusan yang berkualitas dengan menemukan sumber hukum yang tepat.

  1. Perusahaan dengan 3 Posisi Lowongan Kerja Hukum Terbaru Februari 2023

Hukumonline telah merangkum lowongan kerja hukum terbaru bulan Februari 2023 yang terbuka bagi semua jurusan. Tersedia berbagai posisi lowongan kerja hukum/legal di perusahaan-perusahaan, baik bagi fresh graduate dan berpengalaman. Berikut rangkumannya dan apply sekarang!

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel hari ini dapat memberikan informasi tambahan bagi Anda. Simak beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait