Guru Besar Kriminologi UI Prof Ronny R Nitibaskara Tutup Usia
Berita

Guru Besar Kriminologi UI Prof Ronny R Nitibaskara Tutup Usia

Semoga Allah menerima segala amal ibadah beliau, mengampuni segala kesalahannya, mengangkat derajatnya dan menjadikan beliau ahli surga serta memberikan kesabaran pada keluarga yang ditinggalkan.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Prof Ronny R Nitibaskara saat konferensi pers mengklarifikasi pernyataan dari kuasa hukum dan kubu terdakwa Jessica dalam kasus 'kopi sianida',  Selasa (20/9/2016) lalu. Foto: RES
Prof Ronny R Nitibaskara saat konferensi pers mengklarifikasi pernyataan dari kuasa hukum dan kubu terdakwa Jessica dalam kasus 'kopi sianida', Selasa (20/9/2016) lalu. Foto: RES

Civitas akademika Universitas Indonesia (UI) berduka. Salah seorang guru besar dari Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP), Prof Tubagus Ronny Rahman Nitibaskara, meninggal dunia pada usia 77 tahun lebih. 

"Berita duka, telah meninggal dunia Prof. Dr. Ronny R. Nitibaskara pada hari Rabu, 7 April 2021 di R.S. Hermina Ciputat," demikian pesan singkat yang dikonfirmasi Iluni UI, Rabu (7/6/2021).

Belum diketahui penyebab meninggalnya Ronny Nitibaskara, guru besar antropologi dan kriminologi itu. "Semoga Allah menerima segala amal ibadah beliau, mengampuni segala kesalahannya, mengangkat derajatnya dan menjadikan beliau ahli surga serta memberikan kesabaran pada keluarga yang ditinggalkan," demikian bunyi pesan yang beredar.

Mengutip biografi dari situs Universitas Indonesia, Prof Ronny lahir di Bandung 2 Juli 1943. Ia menamatkan pendidikan S1 di FISIP UI pada tahun 1970 di jurusan Kriminologi. Gelar doktor dalam bidang antropologi telah diraihnya pada tahun 1993 setelah menyelesaikan studinya di FISIP UI Jurusan Antropologi dengan tesis “Reaksi Sosial Terhadap Praktik Ilmu Hitam (Teluh) di Banten (suatu pendekatan Antropologi Kriminologi).

Telah banyak publikasi-publikasi ilmiah yang dilakukan oleh Prof Ronny. Beberapa dari hasil karya beliau yang diunggulkan adalah Etnografi Kejahatan di Indonesia, Catatan Kriminalitas, dan Judicial Crime.

Prof Ronny dikenal sering menjadi narasumber di media massa untuk dimintai pandangan terkait isu hukum pidana dan bidang kriminologi. Terakhir, pada 2016 lalu, Ronny juga pernah menjadi salah satu ahli dalam sidang Jessica Kumala Wongso, terdakwa pembunuh Wayan Mirna Salihin. Saat itu kasus kopi sianida ini begitu mencuri perhatian masyarakat.

Untuk diketahui, saat sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin atas Terdakwa Jessica Kumala Wongso, Kriminolog UI, Prof Ronny R Nitibaskara memberi keterangan sebagai ahli pada Kamis (1/9/2016) silam. 

Tags:

Berita Terkait