Terbaru

Hadiri KTT ASEAN-AS, Berikut Agenda Presiden Jokowi Selama di Washington DC

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dalam KTT ASEAN-AS akan berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 Mei 2022.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Foto: RES
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Foto: RES

Konferensi Tingkat Tinggi Amerika Serikat dengan negara anggota ASEAN sedang berlangsung pekan ini di Washington DC, Amerika Serikat. Presiden Joko Widodo beserta pemimpin negara ASEAN lainnya hadir dalam KTT ASEAN-AS tersebut.

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dalam KTT ASEAN-AS akan berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 Mei 2022 mendatang. Pertemuan ini merupakan pertemuan tingkat tinggi pemimpin ASEAN dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Saat ini Indonesia menjadi koordinator hubungan Association of Southeast Asian Nations dan Amerika Serikat. KTT ASEAN-AS ini memiliki beberapa agenda, di antaranya membahas:

1.      Penanganan pandemi

2.      Kerja sama kesehatan

3.      Pendidikan

4.      Percepatan pemulihan ekonomi

5.      Tantangan geopolitik kawasan dan global

Pertemuan KTT ASEAN-AS pada tahun 2022 merupakan pertemuan fisik pertama sejak terakhir diadakan secara fisik pada tahun 2017. KTT ASEAN-AS juga menjadi momentum dalam memperkuat 45 tahun kemitraan ASEAN-AS.

Baca Juga:

KTT ASEAN-AS akan menunjukkan komitmen abadi Amerika terhadap negara-negara ASEAN serta mengakui peran sentralnya dalam memberikan solusi berkelanjutan untuk masalah-masalah mendesak di kawasan ASEAN.

Joe Biden selaku tuan rumah berpartisipasi besar dalam pelaksanaan KTT ASEAN-AS tahun ini, dengan mengumumkan berbagai agenda, yaitu:

1.  Memperluas keterlibatan AS dengan ASEAN dalam pemulihan Covid-19 dan keamanan kesehatan

2.      Memerangi krisis iklim

3.      Merangsang pertumbuhan ekonomi

4.      Mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan

5.      Memperdalam hubungan antarmanusia

Selain itu, kepentingan nilai dan visi bersama AS dan ASEAN menjadi komitmen utama untuk memajukan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, aman, dan tangguh. Saat ini Amerika memprioritaskan untuk berusaha menjalin hubungan di Pasifik di tengah meningkatnya kekhawatiran akan China sebagai musuh secara ekonomi dan militer.

Tags:

Berita Terkait