Hak Konsumen dalam Kasus Gagal Ginjal Hingga Oscar Sagita Kembali Pimpin IKAPI
Terbaru

Hak Konsumen dalam Kasus Gagal Ginjal Hingga Oscar Sagita Kembali Pimpin IKAPI

Komunitas Konsumen Indonesia bakal gugat BPOM, KY usulkan 19 hakim dijatuhi sanksi, persyaratan calon ketua umum ICLA turut dibahas Hukumonline.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Gangguan ginjal akut. Foto ilustrasi: kemenkes.go.id
Gangguan ginjal akut. Foto ilustrasi: kemenkes.go.id

Redaksi Hukumonline menayangkan sejumlah artikel terkait isu hukum setiap harinya. Beragam isu hukum disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Untuk Jum’at (4/11/2022), Redaksi Hukumonline memilih 5 artikel pilihan yang layak untuk dibaca mulai hak konsumen dalam kasus gagal ginjal akut pada anak hingga Oscar Sagita Kembali pimpin IKAPI periode 2022-2027. Yuk, kita simak ringkasannya!

  1. Melihat Hak Konsumen dalam Kasus Gagal Ginjal Akut

Hak konsumen dilindungi dalam UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Undang-undang ini dibuat untuk menciptakan rasa aman bagi konsumen dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidupnya. Kasus gagal ginjal akut yang menyerang banyak anak dalam kurun waktu 2 bulan terakhir telah mencapai hingga 200 lebih kasus. Penyebab utama kasus gagal ginjal akut pada anak hingga hari ini masih terus diteliti yang dugaan sementaranya adalah akibat efek samping obat sirup yang mengandung zat etilen glikol, dietilen glikol, dan etilen glikol butyl ether. Simak selengkapnya dalam artikel ini!    

  1. Komunitas Konsumen Berencana Lanjutkan Somasi ke BPOM Menjadi Gugatan

Ketua Konsumen Indonesia (KKI), David Tobing melayangkan somasi kepada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) terhadap pengumuman 133 sirup obat yang tidak menggunakan zat dan senyawa yang menyebabkan terjadinya gagal ginjal akut beberapa waktu ini. Somasi tersebut berisi mengenai BPOM sebagai lembaga otoritas pengawas obat dan makanan telah lalai melakukan pengawasan pada pre-market dan post-market control. Kemudian, sehubungan dengan kasus gagal ginjal akut BPOM dinilai terbukti lalai melakukan pengawasan. Lantaran tidak ada tanggapan dari BPOM, KKI akan mengajukan gugatan. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Triwulan III 2022, KY Usulkan 19 Hakim Dijatuhi Sanksi

Komisi Yudisial (KY) merekomendasikan 19 hakim dijatuhi sanksi karena terbukti melanggar Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) pada triwulan ketiga tahun 2022. Rincian hakim yang terbukti melanggar KEPPH yaitu: 14 orang hakim dijatuhi sanksi ringan; 2 orang hakim dijatuhi sanksi sedang; dan 3 orang hakim dijatuhi sanksi berat. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Pendaftaran Calon Ketua Umum ICLA Dibuka, Begini Persyaratannya!

Dalam waktu dekat ini, Asosiasi Advokat Persaingan Usaha Indonesia atau Indonesian Competition Lawyers Association (ICLA) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) kali pertamanya di Orion Hotel Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta pada 18 November 2022 mendatang. Tema yang diusung dalam Munas ini bertajuk “Meningkatkan Kompetensi Advokat Persaingan Usaha di Era Pemulihan Ekonomi”. Terdapat 2 agenda besar yang akan dibahas dalam Munas 2022 ini yakni Laporan Pertanggungjawaban Pengurus ICLA Periode 2017-2022 yang “digawangi” Asep Ridwan sebagai ketua umum dan Pemilihan Ketua Umum ICLA Periode 2022-2027. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Oscar Sagita Kembali Pimpin IKAPI Periode 2022-2027

Dalam kontestasi pemilihan calon ketua umum Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI), Oscar Sagita terpilih menjadi Ketua Umum IKAPI Periode 2022-2027 secara aklamasi dalam Musyawarah Nasional (Munas) IKAPI ke-3 di Hotel Ritz Charlton, Jakarta, Jum’at (4/11/2022). Dengan begitu, Oscar Sagita kembali menjadi Ketua Umum IKAPI untuk periode kedua dalam lima tahun mendatang. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel hari ini dapat memberi informasi tambahan bagi Anda. Simak selengkapnya beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait