HNW: Empat Pilar Buah Perjuangan Reformasi Mahasiswa
Pojok MPR-RI

HNW: Empat Pilar Buah Perjuangan Reformasi Mahasiswa

Memahami Empat Pilar dapat menjadi benteng dari dampak negatif zaman modernisasi serta perkembangan teknologi yang sangat maju, bahkan bisa menjadi filter dalam menghadapi tahun politik.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Foto: Humas  MPR
Foto: Humas MPR

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan, bahwa Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika) sangat berhubungan erat dengan generasi muda mahasiswa Indonesia. Kaitan tersebut berawal dari perjuangan fenomenal mahasiswa Indonesia pada tahun 1998 yang membuka era reformasi mengantarkan Indonesia memasuki era perubahan dan pembaruan yang luar biasa, termasuk perubahan elemen penting negara Indonesia yakni UUD 1945.  

 

Menurutnya, era reformasi menumbuhkan pembaruan bentuk pemahaman dan implementasi terhadap Pancasila, UUD NRI Tahun 1945  NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika yang tidak lagi indoktrinasi. Namun disebabkan kesadaran akan pentingnya empat hal tersebut bagi negara dan rakyat Indonesia.

 

"Untuk itu, menjadi sangat penting generasi muda mahasiswa Indonesia era kekinian untuk semangat dan serius berupaya memahami dan mengimplementasikan Empat Pilar tersebut salah satunya melalui Sosialisasi Empat Pilar yang digencarkan MPR RI sesuai amanah UU No.17 Tahun 2014," katanya di hadapan seribu lebih generasi muda peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Senin (17/12).

 

Para peserta sosialisasi empat pilar terdiri dari para mahasiswa Universitas Lampung (Unila) berbagai fakultas, para mahasiswa perwakilan perguruan tinggi dan para pelajar sekolah menengah atas seputar Lampung, di Gedung Serba Guna Unila, Bandar Lampung. Generasi muda mahasiswa Indonesia era milenial saat ini, mesti memahami Empat Pilar. Yakni hasil perjuangan mahasiswa juga.  Dan kini perjuangan tersebut bukannya berhenti tapi berlanjut terus di sisi pemahaman dan implementasi.

 

"Negara sendiri melihat betapa urgensinya rakyat memahami kembali nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar tersebut, sehingga melalui UU MD3 mengamanahkan lembaga MPR RI untuk melakukan sosialisasi Empat hal penting itu yang kemudian dilaksanakan MPR RI dengan berbagai metode kepada seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

 

Pemahaman dan implementasi Empat Pilar yang baik oleh generasi muda, ditekankan HNW akan menjadi benteng dari dampak negatif zaman modernisasi serta perkembangan teknologi yang sangat maju, serta bisa menjadi filter dalam menghadapi tahun politik yakni tidak terpengaruh untuk saling berkonflik karena beda pilihan.

 

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bertema 'Generasi Muda, Generasi Penjunjung Tinggi 4 Pilar' hasil kerjasama MPR RI dengan BEM Unila ini sendiri selain dihadiri HNW, juga dihadiri anggota Badan Sosialisasi MPR RI Al Muzzamil Yusuf, Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila Prof. DR. Bujang Rahman serta Pimpinan dan anggota BEM Unila.

Tags:

Berita Terkait