Hukum Humaniter Di Mata Seorang Intel
Berita

Hukum Humaniter Di Mata Seorang Intel

Kedudukan intel diatur tegas dalam hukum humaniter.

Oleh:
ALI
Bacaan 2 Menit
Hukum Humaniter Di Mata Seorang Intel
Hukumonline

Ruang lingkup hukum humaniter adalah hukum yang mengatur seputar peperangan. Jadi, tak heran bila sebagian orang menyebut hukum humaniter sebagai hukum perang. Lalu, bagaimana pandangan seorang intel atau mata-mata mengenai hukum humaniter ini?

Dalam peluncuran buku Hukum Humaniter karya mendiang Prof Haryomataram, Robert Mangindaan dari Lemhanas mengeluarkan pernyataan nyeleneh. Ketika murid-murid Prof Haryo menuturkan kesan mereka terhadap sang profesor, Robert justru mengungkapkan perdebatannya kepada ‘guru’-nya tersebut.

“Banyak sekali saya berbenturan dan berdebat dengan beliau. Saya ini adalah intel dan tak kenal hukum. Saya juga tak kenal HAM (hak asasi manusia,-red),” ujar Robert yang hadir mewakili Gubernur Lemhanas ketika mengomentari buku tersebut di Jakarta, Kamis (17/10).

Robert menuturkan ada kerancuan melihat hukum humaniter di kehidupan nyata, terutama di Indonesia. Ia mencontohkan ketika pemerintah membentuk tim ad hoc untuk menghadapi kerusuhan SARA di Ambon. Komandannya berasal dari TNI, dan wakilnya berasal dari kepolisian.  

“Combatant bercampur dengan non combatant. Ini konsep di Indonesia yang tak bisa dipahami orang luar. Polisi kan non combatant tapi sering dilibatkan dalam armed conflict. Pandangan pribadi saya, ini luput dari praktisi hukum humaniter,” tuturnya.

Dosen Hukum Pidana FH Universitas Trisakti, Yenti Ganarsih yang menjadi peserta diskusi kaget dengan pernyataan Robert tersebut. “Tadi disebut orang intel itu tak kenal hukum dan boleh melanggar HAM. Pernyataan tadi apakah benar atau hanya joke?” tuturnya.

Yenti mengingatkan bahwa Indonesia saat ini sudah mempunyai Undang-Undang tentang Intelijen. “Itu untuk membatasi. Perang harus diatur. Masyarakat harus tahu bahwa mereka terlindungi. Misalnya, di dalam ambulan, posisi mereka aman atau korban tak boleh dianiaya,” ujarnya menjelaskan beberapa aturan dalam hukum humaniter.

Tags:

Berita Terkait