Hukumonline Top 100 Indonesian Law Firms Hadir Kembali, Ikuti Surveinya!
Utama

Hukumonline Top 100 Indonesian Law Firms Hadir Kembali, Ikuti Surveinya!

Terdapat dua penambahan kategori pemeringkatan pada tahun ini.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Hukumonline Top 100 Indonesian Law Firms Hadir Kembali, Ikuti Surveinya!
Hukumonline

Tahun 2022 merupakan tahun keempat bagi Hukumonline menyelenggarakan Top 100 Indonesian Law Firms. Penyelenggaraan ajang bergengsi ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan para konsultan hukum di Indonesia kepada masyarakat yang memerlukan jasa konsultan hukum untuk berbagai kepentingan.

Sebagai penyelenggara, Hukumonline melakukan berbagai improvisasi teknis dan substansi pelaksanaan, mulai dari metodologi, kategori pemeringkatan dan pertanyaan yang diberikan kepada para konsultan hukum. Perubahan ini menunjukan bagaimana Hukumonline menerima beberapa masukan dari para kantor hukum dan menyesuaikan dengan realita kantor hukum yang ada di Indonesia.

Apabila menyimak pelaksanaan tahun lalu, pembagian kantor hukum dibedakan menjadi dua berdasarkan pada penanganan suatu perkara, antara lain litigasi dan non-litigasi. Pada tahun ini Hukumonline menambah satu kategori agar semakin menggambarkan karakteristik para kantor hukum yang ada di Indonesia, yaitu full-service. Kategori ini menggambarkan kantor hukum yang mampu atau memiliki fokus pada dua jenis perkara.

Pemilihan kategori ini pun juga didasari oleh persepsi kantor hukum ketika mendefinisikan dirinya. Sehingga hal ini tidak didasari oleh porsi penanganan kantor hukum dalam periode tertentu. Penambahan kategori ini pun memiliki implikasi terhadap penambahan dua kategori pemeringkatan, antara lain Top 30 Indonesian Full-Service Law Firm 2022 dan Recognize Midsize Full-Service Law Firm 2022. Penambahan dua kategori baru tersebut membuat total kategori pemeringkatan tahun ini menjadi tujuh kategori.

Baca juga:

Selain menambah satu kategori kantor hukum, penyelenggaraan tahun ini juga menggunakan pertanyaan yang sama, yaitu jumlah fee earners di setiap kantor hukum. Fee earners merujuk pada keanggotaan di dalam kantor hukum yang terdiri dari partner, associate, of counsel dan advokat asing.

Kuesioner tahun ini juga mempertimbangkan informasi yang lebih detail. Nama dan Jumlah partner berdasarkan jenis kelamin menjadi salah satu pertanyaan dalam kuesioner. Di samping itu juga pertanyaan mengenai lulusan universitas atau alumni dari partner.

Pertanyaan-pertanyaan ini diperuntukan agar Hukumonline dan masyarakat semakin mengenal berbagai aktor penting di dalam kantor hukum tertentu. Meski demikian penyelenggara akan menjaga komitmen dari kantor hukum terkait data-data rahasia sehingga data tersebut tidak dipublikasikan. Publikasi hasil pemeringkatan ini nanti dapat disimak melalui ranking.hukumonline.com/.

Teknis mengisi kuesioner ini pun cukup mudah, responden hanya menyebutkan atau menjawab beberapa pertanyaan sebagaimana petunjuk yang tercantum dalam kuesioner. Kuesioner dapat diakses secara online. Pengisian kuesioner dibuka hingga 7 Juni 2022 pukul 24.00 WIB. Jika Anda ingin mengetahui pertanyaan lengkap kuesioner, dapat menghubungi [email protected] atau 087776462785.

Tags:

Berita Terkait