ILUNI FHUI Dorong Perlindungan terhadap Pelaku Olahraga
Terbaru

ILUNI FHUI Dorong Perlindungan terhadap Pelaku Olahraga

Salah satu upaya yang dilakukan adalah menginisiasi advokasi bagi para pelaku olahraga di Indonesia.

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 2 Menit
Ketua ILUNI FHUI periode 2021-2024 Rapin Mudiardjo saat membuka diskusi bertema 'Jaminan Perlindungan Atlet Demi Kesinambungan Prestasi dan Industri Olahraga Nasional', Rabu (7/12/2022). Foto: ADY
Ketua ILUNI FHUI periode 2021-2024 Rapin Mudiardjo saat membuka diskusi bertema 'Jaminan Perlindungan Atlet Demi Kesinambungan Prestasi dan Industri Olahraga Nasional', Rabu (7/12/2022). Foto: ADY

Pembangunan bidang olahraga di Indonesia menghadapi berbagai tantangan. Padahal, tidak sedikit atlet yang sudah mengharumkan nama Indonesia di berbagai kejuaraan olahraga tingkat internasional. Salah satu persoalan yang dihadapi dalam pembangunan bidang olahraga adalah perlindungan terhadap pelaku olahraga, termasuk atlet. Hal itu yang menjadi sorotan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI).

Ketua ILUNI FHUI periode 2021-2024, Rapin Mudiardjo, mengatakan lembaganya menyoroti kehidupan para pejuang bangsa di bidang olahraga. Terbitnya UU No.11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan diharapkan memberi harapan baru bagi bidang olahraga di Indonesia. Beleid itu dapat merekonstruksi gagasan dan merespon keresahan pelaku olahraga dan pemangku kepentingan.

Rapin melihat atlet yang menempuh karier secara profesional menghadapi situasi yang penuh ketidakpastian mulai dari tahap merintis karier, pembinaan, masa prestasi dan purna bakti. “Adanya jaminan perlindungan terhadap pelaku olahraga perlu didorong untuk dibahas,” kata Rapin dalam diskusi bertema “Jaminan Perlindungan Atlet Demi Kesinambungan Prestasi dan Industri Olahraga Nasional”, Rabu (7/12/2022).

ILUNI FHUI mengambil peran strategis dengan menginisiasi adanya advokasi bagi pelaku olahraga. Rapin mengatakan upaya itu dilakukan dalam rangka membentuk pembangunan industri olahraga yang humanis agar bidang olahraga di Indonesia bisa terus berprestasi di ranah internasional. ILUNI FHUI berkeinginan untuk bisa aktif mendukung peningkatan prestasi olahraga Indonesia sesuai dengan wadah yang tersedia sebagaimana diatur UU No.11 Tahun 2022.

“Maju atletnya, maju bangsanya, maju bangsanya, maju hidupnya,” ujar Rapin.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan FH UI, Parulian Aritonang, mengatakan UU No.11 Tahun 2022 sudah lama ditunggu banyak pihak. Dia mencatat Sekolah Hukum Harvard di Amerika Serikat sudah memiliki hukum olahraga sejak 1999 dan di FH UI, hukum olahraga baru ada tahun 2022. Oleh karena itu, perlu didorong untuk dilakukan percepatan melalui kolaborasi. Begitu juga terkait peraturan yang merupakan mandat UU No.11 Tahun 2022.

Salah satu respon yang dilakukan FHUI adalah menggelar diskusi yang membahas bagaimana perlindungan terhadap pelaku olahraga. “Melalui diskusi itu diharapkan bisa mengumpulkan banyak ide dan menindaklanjuti mandat UU No.11 Tahun 2022,” ujarnya.

Respon lain yang dilakukan FHUI atas terbitnya UU No.11 Tahun 2022 yakni menyiapkan mata kuliah hukum olahraga yang dapat diikuti oleh masyarakat umum. Tujuannya agar semakin banyak pihak yang bisa mengikuti mata kuliah tersebut dalam rangka edukasi dan advokasi bidang olahraga. “Tidak perlu menjadi mahasiswa UI untuk mengikuti mata kuliah hukum olahraga,” bebernya.

Parulian juga mengapresiasi inisiasi ILUNI FHUI yang membentuk Yayasan Advokasi Keolahragaan Indonesia. Lembaga advokasi itu diharapkan diisi oleh pihak-pihak yang independen untuk membantu pelaku olahraga menjalankan kegiatannya di bidang keolahragaan.

Setelah terbit UU No.11 Tahun 2022 Parulian berharap bidang olahraga di Indonesia bisa lebih maju ke arah yang lebih baik. Tentu saja melalui penegakan aturan dan edukasi, sehingga olahraga tak lagi dipandang sebelah mata tapi menjadi primadona, dihormati, dan mulia.

“Jangan ada lagi atlet atau pelaku olahraga yang menjalani kehidupan dengan kesedihan. Kami berharap atlet dan pelaku olahraga bahagia kehidupannya dari awal sampai akhir,” harapnya

Tags:

Berita Terkait