Hukumonline's NeXGen Lawyers 2021

Ingin Tetap Relevan, Tias Karina Pilih Jalur Hukum Teknologi, Media, dan Telekomunikasi

Seorang corporate lawyer setidaknya harus mengikuti tren dan mempertimbangkan aspek perkembangan teknologi klien agar tetap relevan.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Tias Karina, Associate TNB & Partners.
Tias Karina, Associate TNB & Partners.

Sebelum menimba ilmu di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, tak pernah terlintas dalam benak Tias Karina untuk menjadi seorang corporate lawyer. Ia pernah merasa ‘salah jurusan’, ketika menempuh semester awal perkuliahan. Namun, ia berhasil menumbuhkan minat pada ilmu hukum dan menyelesaikan perkuliahan dengan predikat cum laude.

 

Kariernya sebagai corporate lawyer sendiri dimulai sejak 2015. Kini, ia adalah Associate di TNB & Partners. Selama kurang lebih 5 tahun, ia telah menangani berbagai macam transaksi korporasi dari klien-klien baik domestik maupun internasional. Ia juga turut terlibat dalam beberapa transaksi korporasi lintas negara bersama rekan-rekan dari Kantor Hukum Norton Rose Fulbright, yang merupakan firma hukum internasional asosiasi kantor hukum TNB & Partners.  

 

Bagi Tias, bekerja di TNB & Partners adalah sebuah pengalaman yang amat berharga. Ia tidak hanya bekerja di bawah bimbingan para senior, tetapi juga diberi kepercayaan untuk langsung menangani beberapa transaksi kompleks. “Di satu sisi merasa ada pressure dan sedikit takut mengingat saya baru berpraktik kurang lebih lima tahun. Namun, tentu saya juga merasa tertantang untuk memberi yang terbaik,” ujarnya.

 

Melihat bakat dan semangat Tias menangani transaksi korporasi internasional, para partner di TNB & Partners telah memberikan kepercayaan kepada Tias untuk menangani langsung beberapa klien. Tujuannya,  untuk lebih mengasah kemampuan dan memberikan rasa percaya diri kepada Tias mewakili transaksi kompleks. 

 

“Selama bekerja di TNB & Partners, saya tidak hanya dibekali pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan hukum, tetapi juga banyak pelatihan terkait etika dan pengembangan diri yang berguna bagi corporate lawyer. Pada tahun 2017, saya berkesempatan mengikuti pelatihan internasional dengan rekan-rekan dari Kantor Hukum Norton Rose Fulbright di Australia,” Tias menambahkan.  

 

Adapun selain fokus pada pengembangan diri, TNB & Partners mendukung penuh kesehatan dan wellbeing para lawyers. Salah satunya, dengan mengadakan olahraga dan yoga rutin di kantor sebelum pandemi.

 

Ketertarikan di Bidang Teknologi, Media, dan Telekomunikasi

Selama beberapa tahun terakhir, Tias mengamati bahwa semakin banyak klien dari sektor teknologi yang mencari bantuan hukum ketika akan berinvestasi dan mengembangkan bisnis di Indonesia. Hal yang sama berlaku pula bagi klien dari sektor lain, terlebih terkait dengan transformasi digital bisnis.

Tags: