Ini Alasan Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris untuk In House Counsel
Utama

Ini Alasan Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris untuk In House Counsel

Di Perusahaan multinasional maupun BUMN, kemampuan berbahasa Inggris menjadi tulang punggung bagi in house counsel di perusahaan.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Legal & Regulatory PT Telkom Indonesia, Fajar Aditya dan In House Counsel PT Hitachi Asia, Irvino Moniaga. Foto: Istimewa
Legal & Regulatory PT Telkom Indonesia, Fajar Aditya dan In House Counsel PT Hitachi Asia, Irvino Moniaga. Foto: Istimewa

Penguasaan Bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan sangat penting dalam membangun karier sebagai in house counsel di perusahaan. Tidak hanya perusahaan multinasional, perusahaan milik negara seperti BUMN juga mensyaratkan kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni bagi calon in house counsel.

Dengan kecakapan Bahasa Inggris yang lancar, seorang in house counsel dapat mengemukakan ide, melakukan presentasi, melakukan hubungan kontrak dengan klien, hingga membereskan dokumen legal perusahaan dengan mudah.

Beberapa waktu lalu, Hukumonline berkesempatan mewawancarai dua in house counsel di perusahaan multinasional dan BUMN di Indonesia. Mereka mengungkapkan bahwa keterampilan komunikasi berbahasa asing khususnya Bahasa Inggris sangat penting bagi profesional hukum di perusahaan.

Baca Juga:

“Dalam perusahaan multinasional, berbicara Bahasa Inggris merupakan sebuah hal yang signifikan untuk bisa berbicara maupun menulis yang baik dalam Bahasa Inggris, karena hampir 80 persen komunikasi di perusahaan multinasional menggunakan Bahasa Inggris, baik kepada atasan pemegang saham, komisaris, hingga daily conversation dengan karyawan expat,” ujar Irvino Moniaga selaku in house counsel PT Hitachi Asia kepada Hukumonline, Jumat (5/5) lalu.

Sebagai perusahaan multinasional, PT Hitachi Asia mewajibkan in house counsel untuk pasti mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, karena mengingat tanggung jawab in house counsel yang akan membuat report hingga legal opinion untuk perusahaan.

“Mau tidak mau Bahasa Inggris it’s a must yang harus dimiliki lulusan sarjana hukum ketika mereka akan bekerja sebagai in house counsel. Apalagi di perusahaan multinasional, Bahasa Inggris tidak hanya berkomunikasi secara langsung, tapi juga dalam membuat laporan itu dipakai, dan semuanya ini majority menggunakan Bahasa Inggris,” kata Irvino.

Tags:

Berita Terkait