Ini Peringkat PTS Pencetak Partner Kantor Hukum Ternama Berdasarkan Wilayah
Top Law Schools For Law Firm Leaders Ranking 2022

Ini Peringkat PTS Pencetak Partner Kantor Hukum Ternama Berdasarkan Wilayah

Sebaran wilayah perguruan tinggi swasta memiliki pola yang hampir sama dengan perguruan tinggi negeri, di mana wilayah timur tidak memiliki jumlah yang lebih tinggi daripada wilayah barat dan tengah.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Ini Peringkat PTS Pencetak Partner Kantor Hukum Ternama Berdasarkan Wilayah
Hukumonline

Laporan Lengkap Pemeringkatan Perguruan Tinggi Almamater Partner Kantor Hukum Ternama Indonesia bisa diunduh pada tautan link berikut ini! https://s.id/Laporan22

Dalam rangka pemeringkatan lulusan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang banyak menghasilkan lulusan berprofesi sebagai advokat, Hukumonline mendapatkan nama-nama PTS dari mengumpulkan data 700 advokat yang berasal dari berbagai kantor hukum ternama Indonesia melalui survei Top 100 Indonesian Law Firms 2022.

“Fokus utama dalam laporan ini adalah gambaran umum mengenai angka almamater individu yang berpraktik sebagai advokat. Gambaran umum mengenai jumlah lulusan advokat dari perguruan tinggi spesifik pada advokat yang tergabung dalam kantor hukum yang berada dalam tingkat jabatan partner,” tutur Katon Baskoro selaku Research & Awards Manager Hukumonline.

Perguruan tinggi swasta merupakan status pengelola perguruan tinggi terbesar kedua setelah perguruan tinggi negeri menurut jumlah partner kantor hukum. Sebanyak 262 partner kantor hukum yang tercatat memiliki almamater dari perguruan tinggi swasta di Indonesia dari berbagai jenjang pendidikan.

Baca Juga:

Lalu, menurut jumlah perguruan tinggi swasta memiliki variasi yang lebih tinggi daripada perguruan tinggi negeri, yaitu 54 perguruan tinggi. Seluruh perguruan tinggi ini berasal dari berbagai bentuk, di antaranya universitas, institut, dan sekolah tinggi.

“Dalam laporan ini, dideskripsikan pemetaan wilayah menurut BKS-FHH pada perguruan tinggi swasta, berdasarkan data yang diperoleh sebagian besar perguruan tinggi swasta berada di wilayah barat dengan jumlah 25 perguruan tinggi, di wilayah tengah sejumlah 22 perguruan tinggi, dan di wilayah timur dengan jumlah 7 atau 13% dari 54 perguruan tinggi swasta yang memiliki lulusan sebagai partner kantor hukum,” kata dia.

Sebaran wilayah perguruan tinggi swasta memiliki pola yang hampir sama dengan perguruan tinggi negeri, di mana wilayah timur tidak memiliki jumlah yang lebih tinggi daripada wilayah barat dan tengah.

Berikut daftar perguruan tinggi swasta ‘pencetak’ advokat menurut sebaran wilayah:

Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Barat

Hukumonline.com

Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Tengah

Hukumonline.com

Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Timur

Hukumonline.com

Dari data tersebut, Universitas Trisakti menjadi perguruan tinggi swasta pencetak advokat terbanyak di wilayah barat. Kemudian untuk kampus wilayah tengah diraih Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Sedangkan untuk wilayah timur, Universitas Surabaya menjadi perguruan tinggi swasta yang mencetak advokat terbanyak yang menjadi partner kantor hukum ternama Indonesia.

Salah satu perwakilan pemenang, Dekan FH Unpar, Liona N. Supriatna, menyatakan rasa syukurnya terhadap pencapaian FH Unpar dalam pemeringkatan Top 10 PTS Indonesia pencetak advokat terbanyak.

“Saya bersyukur dan berterima kasih bahwa FH Unpar masuk salah satu sepuluh PTS yang banyak advokatnya, karena bagi saya memang beberapa kegiatan di FH Unpar melibatkan alumni yang rata-rata lulusan advokat dan itu menjadi karir impian mahasiswa baru,” jelasnya kepada Hukumonline.

Liona melanjutkan bahwa mahasiswa FH Unpar rata-rata mengidolakan advokat yang mana merupakan senior alumni di FH Unpar. Kemudian, adanya kegiatan alumni mengajar dan sosialisasi karir lewat program Jendela Karier milik FH Unpar menambah keinginan mahasiswa FH Unpar untuk menjadi advokat.

“Ada dua program yang paling banyak diminati oleh mahasiswa, yaitu program alumni mengajar dan jendela karir yang mana mahasiswa dapat melihat berbagai jenis profesi yang sudah dijalani oleh alumni, seperti Hakim, Jaksa, Polisi, dan Advokat, namun memang yang sangat menarik bagi mahasiswa adalah advokat ini,” kata Liona.

Tags:

Berita Terkait