ISILL dan APJHI Dorong Dosen Hukum Internasional Se-Indonesia Raih Guru Besar
Terbaru

ISILL dan APJHI Dorong Dosen Hukum Internasional Se-Indonesia Raih Guru Besar

Dengan menggelar article writing workshop. Kegiatan ini didukung oleh lima jurnal hukum di Indonesia yang spesifik membahas isu-isu hukum internasional.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Para peserta  Article Writing Workshop. Foto: Istimewa
Para peserta Article Writing Workshop. Foto: Istimewa

Indonesian Society of International Lecturers (ISILL) dan Asosiasi Pengelola Jurnal Hukum Se-Indonesia (APJHI) mengadakan Article Writing Workshop. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 6-8 Juni 2023 di Bandung. Pada kesempatan kali ini, Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran ditunjuk menjadi co-host pelaksanaan kegiatan.

​Kegiatan ini didukung oleh lima jurnal hukum se-Indonesia yang secara spesifik membahas isu-isu hukum internasional. Kelimanya antara lain, Indonesian Journal of International Law (Fakultas Hukum Universitas Indonesia), Brawijaya Law Journal (Universitas Brawijaya), Padjadjaran Journal of International Law (Universitas Padjadjaran) Lampung Journal of International Law (Universitas Lampung) serta Uti Possidetis: Journal of International Law (Universitas Jambi).

Kelima jurnal tersebut merupakan jurnal nasional terakreditasi (SINTA) serta jurnal internasional bereputasi (Scopus). “Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendorong para anggota ISILL untuk menjadi Guru Besar” ujar Ketua ISILL Arie Afriansyah dalam siaran persnya yang diterima Hukumonline, Sabtu (10/06).

Baca juga:

Arie mengatakan bahwa ISILL menyambut baik antusiasme para peserta hingga akhirnya terpilih 15 artikel yang didistribusi ke lima jurnal yang bekerja sama dengan ISILL dan APJHI tahun ini. Menurutnya, para penulis berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia ini masing-masing memiliki kemampuan yang baik dalam menulis jurnal.

“Mereka memiliki kekhasan dalam penulisan sehingga mampu menjadi daya tarik bagi para pengelola jurnal untuk mempublikasikannya” tutup Arie.

Sementara itu, Ketua Panitia Diajeng Wulan Christianti mengaku senang karena Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran dipercaya menjadi tuan rumah pertama pada gelaran Article Writing Workshop tahun 2023. “Tentu saja ini akan menjadi ajang untuk meningkatkan kemampuan publikasi para anggota ISILL di seluruh Indonesia” tambah Diajeng.

Workshop ini juga mencoba memberikan berbagai materi yang tidak hanya berkutat pada teknis penulisan, namun juga menstimulasi para penulis untuk mampu melahirkan pemikiran-pemikiran baru di isu hukum internasional.

Dalam kesempatan ini turut hadir narasumber antara lain Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Prof. Atip Latipulhayat dan Ketua APJHI Dhiana Puspitasari. Rencananya, untuk kegiatan workshop berikutnya akan diselenggarakan di Fakultas Hukum Universitas Jambi.

Tags:

Berita Terkait