Jadi Lawyers Ternyata Jalan Hidup Vera
Hukumonline's NeXGen Lawyers 2022

Jadi Lawyers Ternyata Jalan Hidup Vera

Vera Nurul Hayati Sobarsyah, telah memantapkan hati mengambil jalan sebagai advokat dan akan terus berkontribusi pada setiap kasus hukum, terutama pada kasus kepailitan dan PKPU.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Foto: Vera Nurul, Siregar Setiawan Manalu & Partnership.
Foto: Vera Nurul, Siregar Setiawan Manalu & Partnership.

Vera Nurul Hayati Sobarsyah, adalah seorang lawyer muda yang mulai menapaki  langkahnya di bidang hukum di Indonesia. Perempuan kelahiran Makassar, 27  Desember 1994 ini adalah seorang Lawyer dari salah satu Law Firm di Indonesia  yaitu Siregar Setiawan Manalu Partnership (SSMP). SSMP sendiri merupakan  salah satu Law Firm Litigasi terbesar di Indonesia yang terkenal dengan Lawyer. Lawyernya yang memiliki keahlian di bidang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban  Pembayaran Utang (PKPU), dan juga telah meraih Posisi ke-2 pada survey yang  diselenggarakan oleh Hukumonline dengan tema “Top 30 Largest Law Firms:  Litigation Practice 2021”.

Perempuan yang kerap disapa Vera ini tidak pernah menyangka akan  berkecimpung di dalam dunia Lawyer-ing, pasalnya, pada masa belianya Vera  memiliki kecintaan pada menggambar, Vera sendiri pada masa itu merasa bahwa dirinya kelak akan melanjutkan pendidikannya sebagai Mahasiswa Fakultas Teknik Arsitek, namun takdir berkata lain, pada tahun 2012, Vera melanjutkan  pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin dengan memilih peminatan Hukum Internasional dan berhasil lulus dengan predikat Cum-laudepada tahun 2016.

Vera juga aktif dan turut berpartisipasi dalam organisasi  kampus seperti Hasanuddin Law Student Centre dan International Law Student  Association, hal tersebut menjadi salah satu modal dasar Vera untuk masuk ke  dunia lawyering. Sebelum melanjutkan pendidikannya ke jenjang Master, Vera  sempat bekerja pada salah satu Badan Usaha Milik Negara yang merupakan Maskapai Penerbangan Internasional ternama di Indonesia, namun karena  tingginya rasa kecintaan Vera pada dunia Hukum Internasional, hal tersebut  membuat Vera kemudian melanjutkan Pendidikan Masternya pada tahun 2018 di  salah satu Universitas di Inggris yaitu, Newcastle University dan menjadi  Penerima Beasiswa Sir Mark Waller Scholarship dan Vice-Chancellor International  Scholarship dari Universitas tersebut. Vera mengambil peminatan di bidang  International Business Law dan berhasil meraih gelar Master pada akhir tahun  2019 dari Universitas tersebut dengan predikat “Merit”. 

Peminatan pada bidang International Business Law membuat Vera percaya bahwa  dirinya akan melanjutkan karirnya sebagai seorang Corporate Lawyer, namun  kenyataannya pada awal tahun 2020 Vera kemudian bergabung dengan SSMP yang dikenal sebagai Law firm Litigasi terbaik di Indonesia sebagai seorang Junior  Associate

Ikut bergabung menjadi bagian dari SSMP merupakan suatu langkah besar dan  tergolong perubahan drastis dari hal yang sebelumnya Vera jalani dalam karirnya,  hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa Vera adalah seseorang yang berani  mencoba tantangan baru. Pada awal mula bergabung dengan SSMP, kesulitan senantiasa dirasakan oleh Vera mengingat perbedaan dari lingkungan kerja dan  tanggung jawab terhadap pekerjaan yang baru membuat Vera belajar dan menyesuaikan diri terhadap Perubahan. Namun kesulitan tersebut dijadikan  dorongan untuk tetap memberikan Work-Performance yang lebih baik. 

Pemilihan peminatan Hukum Internasional dan International Business Law yang  dipilih oleh Vera semasa kuliahnya tidak membuatnya berkecil hati untuk  menangani perkara-perkara litigasi. Vera diberikan kepercayaan untuk ikut  terlibat dalam beberapa perkara-perkara besar seperti mewakili beberapa Bank dalam proses penyelesaian kredit macet melalui proses Kepailitan dan Penundaan  Kewajiban Pembayaran Utang (“PKPU”), antara lain:

1. Menjadi Staf Pengurus dalam Proses PKPU 2 (dua) Perusahaan yang  bergerak di bidang perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang berdomisili di  Jambi, yang berakhir dengan Homologasi (Perdamaian);

Halaman Selanjutnya:
Tags: