​​​​​​​Jaminkan Tanah Warisan Tanpa Persetujuan Ahli Waris hingga Hak Korban Kecelakaan Pesawat
10 Artikel Klinik Terpopuler:

​​​​​​​Jaminkan Tanah Warisan Tanpa Persetujuan Ahli Waris hingga Hak Korban Kecelakaan Pesawat

​​​​​​​Cara mengurus perceraian tanpa advokat hingga persyaratan menjadi hakim pengadilan pajak turut dibahas Klinik Hukumonline.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 3 Menit
​​​​​​​Jaminkan Tanah Warisan Tanpa Persetujuan Ahli Waris hingga Hak Korban Kecelakaan Pesawat
Hukumonline

Klinik Hukumonline senantiasa memproduksi berbagai informasi hukum yang dikemas ke dalam artikel yang ringkas dan mudah dipahami dalam rangka menjadikan masyarakat #MelekHukum. Tak hanya itu, kami juga mengemas informasi hukum ke dalam infografis, video YouTube, dan ada pula layanan chatbot dengan Legal Intelligent Assistant (LIA).

Tak ketinggalan, Hukumonline Podcast juga hadir menemani kamu dengan pembahasan berbagai isu hukum yang menarik dan up to date yang bisa kamu dengar melalui berbagai platform podcast yang tersedia.

Lewat pemantauan sepekan terakhir, berikut ini kami sajikan 10 artikel Klinik Hukumonline terpopuler di media sosial. Dari hukumnya menjaminkan tanah warisan tanpa persetujuan ahli waris hingga hak korban/ahli warisnya jika terjadi kecelakaan pesawat.

  1. Hukum Menjaminkan Tanah Warisan Tanpa Persetujuan Ahli Waris

Jika seorang ahli waris menjaminkan tanah warisan tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari para ahli waris lainnya, maka perbuatan ini menjadi batal demi hukum. Di sisi lain, jika ada dugaan mengganti sertifikat hak atas tanah secara ilegal dapat dilaporkan dengan dugaan tindak pidana penipuan, penggelapan dan pemalsuan surat.

  1. Solusi ‘Mewariskan’ Rumah ke Kerabat yang Bukan Ahli Waris

Yang bisa jadi ahli waris hanyalah orang yang punya hubungan darah dan hubungan perkawinan dengan si pewaris. Akan tetapi, ada dua alternatif solusi yang bisa ditempuh agar bisa mewariskan ke kerabat yang bukan ahli waris yaitu melalui hibah atau wasiat.

  1. Apakah Indonesia Mengenal Constitutional Complaint? 

Constitutional complaint merupakan mekanisme penegakan hak konstitutional warga negara melalui upaya pengaduan ke pengadilan konstitusi. Negara yang telah menerapkan kewenangan ini di antaranya adalah Jerman, Afrika Selatan, dan Korea Selatan. Bagaimana dengan Indonesia?

  1. Cara Mengurus Perceraian Tanpa Advokat

Jika akan berhadapan pada proses persidangan, umumnya orang akan cenderung meminta jasa hukum advokat. Tetapi sebenarnya bagi pasangan yang akan bercerai dapat mengurus sendiri proses perceraian tanpa perlu didampingi advokat. Bagi yang beragama Islam, persidangan dilakukan di Pengadilan Agama dan bagi yang beragama selain Islam diajukan ke Pengadilan Negeri.

Tags:

Berita Terkait