Janji 700 Advokat Baru Peradi untuk Terus Menjaga Integritas
Pojok PERADI

Janji 700 Advokat Baru Peradi untuk Terus Menjaga Integritas

Diadakan secara bertahap, kegiatan Pengambilan Sumpah/Janji Advokat Peradi di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi DKI Jakarta diikuti oleh sekitar 700 anggota.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 3 Menit
Pengambilan Sumpah/Janji Advokat Peradi di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Selasa (31/1). Foto: istimewa.
Pengambilan Sumpah/Janji Advokat Peradi di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Selasa (31/1). Foto: istimewa.

Usai melaksanakan pengangkatan dan pembekalan pada 722 advokat pada 17 Januari 2023, Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) menyelenggarakan Pengambilan Sumpah/Janji Advokat Peradi di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Kegiatan yang diadakan secara bertahap—mulai dari 25-31 Januari 2023–ini diikuti oleh sekitar 700 anggota.

 

Ketua Bidang Pengangkatan Advokat dan Magang DPN Peradi, Ardian Rizaldi  mengatakan, pengambilan sumpah atau janji advokat diajukan oleh DPN Peradi, sesuai kewajiban dan amanat UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Untuk menjaga protokol kesehatan agar tetap tertib dan disiplin, pengambilan sumpah dibagi ke dalam dua sesi.

 

“Sebelumnya pengangkatan dan pembekalan advokat oleh Peradi yang dilaksanakan pada tanggal 17 januari 2023 dilakukan pada 722 orang. Dari jumlah tersebut, 20 di antaranya merupakan advokat pindahan dari organisasi advokat lain,” kata Ardian Rizaldi pada acara pengambilan sumpah tahap akhir, Selasa (31/1).

 

Adapun pengambilan sumpah profesi para anggota Peradi dilakukan langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta, H. Soedarmadji. Hadir pula Ketua Umum DPN Peradi, Prof. Dr. Otto Hasibuan, didampingi Ketua Dewan Kehormatan Pusat, Adardam Achyar; Wakil Ketua Umum, Hendrik Jehanam; Sekretaris Jenderal H. Hermansyah Dulaimi; Wakil Sekretaris Jenderal, Johannes L. Tobing; Bendahara Umum, Nyana Wangsa; Wakil Bendahara Umum, Anitha D. Puspokusumo; Wakil Bendahara Umum, Rielen Pattiasinna; Ketua Bidang Pengangkatan dan Magang, Ardian Rizaldi; dan Ketua Bidang Publikasi, Humas, dan Protokoler, Riri Purbasari Dewi.

 

Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta, H. Soedarmadji memberikan apresiasinya kepada Peradi yang sudah mengajukan permohonan pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat dengan jumlah peserta yang besar. 

 

“Saya sangat mengapresiasi lembaga Peradi yang secara nyata telah mengajukan penyumpahan dengan jumlah yang sangat besar dan terus bertambah. Dengan begitu, tingkat kesadaran dan penegakan hukum sesuai dengan profesi masing-masing akan lebih mantap lagi. Ini sesuai dengan harapan Mahkamah Agung dalam membangun integritas searah, sehingga masalah integritas kerja senantiasa meningkat, di antaranya kerja ikhlas, cerdas, dan tuntas, sehingga bisa dipertanggungjawabkan, tidak hanya di dunia tapi juga akhirat nanti,” ujar Soedarmadji.

 

 

Pesan Otto untuk Terus Menjaga Integritas

 

Hukumonline.comPenyerahan plakat oleh Ketua Umum DPN Peradi, Otto Hasibuan kepada Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, H. Soedarmadji. Foto: istimewa.

Halaman Selanjutnya:
Tags: