Terbaru

Jenis-jenis Pengadilan di Indonesia

Sistem peradilan yang dilaksanakan di Pengadilan adalah sebuah forum ublik yang resmi dan dilakukan berdasarkan hukum acara yang berlaku di Indonesia untuk menyelesaikan perselisihan dan pencarian keadilan.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Jenis-jenis Pengadilan di Indonesia
Hukumonline

Pengadilan di Indonesia merupakan badan yang melaksanakan peradilan. Sebagai negara hukum, keberadaan pengadilan di Indonesia menjadi jaminan bagi warga negara untuk mendapatkan keadilan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Lembaga ini adalah pelaku kekuasaan kehakiman yang berdaulat untuk menegakkan hukum dan keadilan. Konstitusi Indonesia membagi kekuasaan kehakiman dalam lima bidang peradilan yaitu, peradilan umum, agama, tata usaha negara, militer, dan konstitusi.

Mahkamah Agung menjadi pengadilan negara  tertinggi. Mahkamah Agung adalah pengadilan tingkat kasasi yang berwenang mengeluarkan putusan permohonan peninjauan kembali. Mahkamah Agung bertugas menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap undang-undang.

Baca Juga:

Mahkamah Agung juga berwenang melakukan pengawasan tertinggi terhadap jalannya peradilan di semua lingkungan peradilan. Peradilan umum, agama, tata usaha negara, dan militer berpuncak pada Mahkamah Agung sebagai tahap upaya hukum tertinggi jika tidak puas dengan putusan pengadilan di bawahnya.

Sedangkan, peradilan konstitusi dijalankan oleh Mahkamah Konstitusi yang berdiri terpisah dengan sifat putusannya final. Kekuasaan Kehakiman juga mengatur bahwa, setiap lingkungan peradilan di bawah Mahkamah Agung masih bisa dibentuk pengadilan khusus untuk memeriksa, mengadili, dan memutus perkara sesuatu.

Pengadilan khusus merupakan hukum acara yang berbeda satu sama lain. Juga Peraturan di dalam undang-undang tersendiri secara eksplisit sebagai pengadilan khusus. Kekhususannya diatur dengan undang-undang khusus yang sebagian besar di antaranya memiliki hakim ad hoc.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait