Jumlah Pengangguran Turun Tipis, Menakertrans Tak Puas
Jumlah Pengangguran Turun Tipis, Menakertrans Tak Puas
Aktual

Jumlah Pengangguran Turun Tipis, Menakertrans Tak Puas

Oleh:
ADY
Bacaan 2 Menit
Jumlah Pengangguran Turun Tipis, Menakertrans Tak Puas
Hukumonline
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin
Iskandar, mengaku tidak puas dengan jumlah pengangguran yang turun
tipis di awal tahun 2014. Ia menduga hal itu diantaranya disebabkan
oleh lemahnya pertumbuhan ekonomi Indonesia akibat imbas ekonomi
global.

“Tentunya kita tidak puas dengan capain penurunan pengangguran yang tipis. Target penciptaan lapangan kerja tidak tercapai salah satunya karena pertumbuhan ekonomi Indonesia agak melemah akibat pengaruh ekonomi global, “ kata Muhaimin di Kantor Kemenakertrans, Senin (05/5).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2014 tingkat
pengangguran terbuka sebesar 5,7 persen atau 7,15 juta jiwa. Jumlah itu turun dibandingkan Februari 2013 yaitu 5,82 persen (7,2 juta jiwa) dan Agustus 2013 yang mencapai 6,17 persen (7,41 juta jiwa).

Menurut Muhaimin pertumbuhan ekonomi yang ada belum signifikan menyerap tenaga kerja baru. Padahal setiap satu persen pertumbuhan ekonomi harusnya mampu menyerap 500 ribu tenaga kerja. Guna mengurangi jumlah pengangguran Muhaimin menyebut pemerintah mendorong terwujudnya hubungan industrial yang kondusif. Sehingga mampu meningkatkan produktifitas kerja. Dengan begitu diharapkan perusahaan mampu membuka lowongan kerja baru.

Selain itu, Muhaimin melanjutkan, meningkatkan keterampilan dan kompetensi kerja yang sesuai dengan pasar kerja. Rendahnya standar kualitas keterampilan dan kompetensi kerja menyebabkan calon tenaga
kerja sulit menembus lowongan kerja yang tersedia. “Selama ini lembaga pendidikan dan pelatihan, terutama swasta belum mampu menyesuaikan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, sehingga banyak lowongan pekerjaan yang tidak terisi akibat tidak adanya link and match,“ ucap Muhaimin.
Tags: