Kasus PT GNI, Pemerintah Imbau Perusahaan Sikapi Tuntutan Pekerja Secara Bijak
Terbaru

Kasus PT GNI, Pemerintah Imbau Perusahaan Sikapi Tuntutan Pekerja Secara Bijak

Pemerintah akan menjamin hak-hak pekerja/buruh sesuai peraturan dan konstitusi sekaligus mengimbau PT GNI bersikap lebih terbuka.

Oleh:
Ady Thea DA
Bacaan 2 Menit
Menkopolhukam M. Mahfud MD. Foto: Istimewa
Menkopolhukam M. Mahfud MD. Foto: Istimewa

Bentrokan antar pekerja yang terjadi di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/1/2023) kemarin yang menewaskan beberapa orang itu mendapat perhatian pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) M Mahfud MD mengatakan pemerintah menyesalkan terjadinya peristiwa tersebut. Sekaligus mengajak masyarakat untuk mengakhiri persoalan itu secara baik.

Pemerintah berharap masyarakat untuk tenang dan kembali menjalani kehidupan normal seperti biasa karena saat ini situasi di tempat kejadian sudah kondusif. Mahfud menjelaskan aparat bersama pemerintah daerah dan PT GNI tengah mencari penyelesaian terbaik.

“Setelah mempelajari latar belakang peristiwa yang terjadi, pemerintah menegaskan berdasarkan konstitusi setiap warga berhak mendapat pekerjaan yang layak dan perlakuan yang adil,” kata Mahfud dalam video yang diunggah kanal Yioutube Kemenkopolhukam, Senin (16/1/2023) kemarin.

Mahfud mengimbau perusahaan untuk menyikapi setiap tuntutan pekerja/buruh dengan arif. Begitu pula para pekerja/buruh untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutan secara proporsional sesuai peraturan perundang-undangan.

Baca Juga:

Menurut Mahfud, pemerintah akan menjamin hak-hak pekerja/buruh sesuai peraturan dan konstitusi. Sekaligus mengimbau PT GNI bersikap lebih terbuka, sehingga pemerintah bisa memiliki data tentang semua tenaga kerja dan pelaksanaan pengamanan di lingkungan perusahaan.

“Perusahaan harus lebih profesional dalam menjamin terjadinya kerja-kerja yang kondusif agar tidak terjadi bentrok antar kelompok pekerja/buruh,” imbau Mahfud.

Tags:

Berita Terkait