Kawal Penyelenggaraan Haji 2024, Komnas Haji Buka Posko Pengaduan
Terbaru

Kawal Penyelenggaraan Haji 2024, Komnas Haji Buka Posko Pengaduan

Sejumlah hal yang bisa diadukan terkait masalah-masalah penyelenggaraan haji 2024. Kanal pengaduan melalui WhatsApp di nomor +62 852-1148-2171, email: [email protected], atau formulir online: bit.ly/poskopengaduanhaji.

Ady Thea DA
Bacaan 4 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Pemerintah telah menyiapkan berbagai hal untuk melayani jemaah haji Indonesia mulai dari persiapan keberangkatan, ibadah haji sampai kembali ke tanah air. Dalam waktu dekat proses ibadah haji akan mencapai puncaknya yakni di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Sebagai upaya mengawal kelancaran ibadah tahunan umat muslim, Komisi Nasional (Komnas) Haji membuka posko pengaduan.

Ketua Komnas Haji, Mustolih Siradj mengatakan penyelenggaraan haji tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi tergolong istimewa dibanding sebelumnya. Biasanya Indonesia hanya menerima kuota haji sebesar 221 ribu, tapi tahun ini ditambah menjadi 241 ribu. Penambahan kuota haji itu membuat penyelenggaraan haji tahun 1445 H/2024 tercatat sebagai misi haji terbesar sepanjang sejarah di Indonesia.

“Jumlah jemaah mencapai 241 ribu, yang terdiri dari 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus, dengan sekitar 40 ribu di antaranya adalah jemaah lanjut usia (lansia),” kata Mustolih dikonfirmasi, Senin (10/6/2024).

Tapi menggelar layanan haji untuk ratusan ribu jemaah itu tidak mudah. Mustolih mengingatkan bakal banyak dinamika yang terjadi dan berdampak terhadap kualitas penyelenggaraan haji. Misalnya soal penerbangan, tercatat beberapa kali penerbangan meleset tak memenuhi target tepat waktu. Hal itu tentu akan mempengaruhi indeks persepsi kepuasan penyelenggaraan haji. Titik krusial lain yakni puncak ibadah haji di Armuzna.

Baca juga:

Sebagai upaya mengawal penyelenggaraan ibadah haji itu Komnas Haji membuka posko pengaduan. Sejumlah hal yang bisa diadukan terkait masalah-masalah penyelenggaraan haji 2024. Melalui posko ini diharapkan pelaksanaan haji tahun 2024 terpantau sehingga lebih baik, transparan, lancar, aman, dan memberikan pelayanan optimal bagi para jemaah.

“Komnas Haji akan memantau dan mengevaluasi seluruh aspek penting dalam penyelenggaraan haji 2024,” ujarnya.

Tags:

Berita Terkait