Kerugian-Kerugian yang Dialami Perempuan Akibat Perkawinan Siri

Kerugian-Kerugian yang Dialami Perempuan Akibat Perkawinan Siri

Kendati secara norma agama nikah siri memang dikatakan sah, namun tak demikian dengan hukum negara.
Kerugian-Kerugian yang Dialami Perempuan Akibat Perkawinan Siri

Perkawinan siri sering dilakukan dan acapkali menimbulkan masalah hukum baik bagi istri dan suami maupun anak-anak mereka. Bisa jadi, yang paling dirugikan adalah perempuan yang dinikahi secara siri. Tulisan ini menjawab pertanyaan dan menguraikan apa saja kerugian yang dialami perempuan dalam perkawinan siri? Misalnya, status perkawinannya tidak diakui. Lantas bila tak diakui apakah pernikahan siri bisa dikatakan tidak sah?

Dalam konteks hukum Islam, sah atau tidaknya sebuah pernikahan bergantung pada terpenuhi atau tidaknya rukun dan syarat sah nikah. Jumhur ulama menggariskan ada 5 rukun perkawinan, yakni calon suami, calon istri, wali nikah, dua orang saksi, dan ijab kabul.

Adapun syarat sah nikah di antaranya beragama Islam, bukan mahram, wali akad nikah, sedang tidak ihram atau berhaji dan bukan paksaan. Jika terpenuhi rukun dan syarat sah tersebut maka pernikahan yang dilakukan sah secara agama kendati tak dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA). Pernikahan semacam inilah yang dikenal dengan sebutan nikah siri.

Kendati secara norma agama nikah siri memang dikatakan sah, namun tak demikian dengan hukum negara. Perlu diketahui, secara bahasa, kata siri berasal dari Bahasa Arab ‘sirrun’ yang berarti rahasia, sunyi, diam, tersembunyi. Menurut Imam Maliki, nikah siri merupakan pernikahan atas kemauan suami, para saksi pernikahan harus merahasiakannya dari orang lain (Addin & Djumadi; 2019). Sifat rahasia inilah yang mengakibatkan nikah siri tak dicatatkan.

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional