Ketua MA Lantik 3 Hakim Agung Baru
Terbaru

Ketua MA Lantik 3 Hakim Agung Baru

Ketiga hakim baru tersebut terdiri atas Dr. Lucas Prakoso selaku Hakim Agung Kamar Perdata; Dr. Imron Rosyadi sebagai Hakim Agung pada Kamar Agama; dan Lulik Tri Cahyaningrum selaku Hakim Agung pada Kamar Tata Usaha Negara.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. M. Syarifuddin saat melantik dan mengambil sumpah 3 hakim agung baru di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja, Gedung MA Jakarta, Jumat (9/6/2023). Foto: Humas MA
Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. M. Syarifuddin saat melantik dan mengambil sumpah 3 hakim agung baru di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja, Gedung MA Jakarta, Jumat (9/6/2023). Foto: Humas MA

Setelah menempuh rangkaian proses seleksi Calon Hakim Agung (CHA) hingga mendapat persetujuan DPR, Mahkamah Agung (MA) RI akhirnya resmi melantik 3 wajah baru di kursi Hakim Agung. Pelantikan dan pengambilan sumpah ketiga Hakim Agung baru tersebut dipimpin secara langsung oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) RI, Prof. M. Syarifuddin, di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja, Gedung MA Jakarta.

“Sidang paripurna pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan para hakim agung MA RI pada hari ini Jum'at, tanggal 9 Juni 2023, saya nyatakan secara resmi dibuka dan terbuka untuk umum,” ucap Ketua MA RI Prof. M. Syarifuddin di hadapan ratusan hadirin hari itu, Jum'at (9/6/2023) pagi.

Pelantikan terhadap ketiga hakim agung baru tersebut berpijak pada Surat Keputusan Presiden RI No. 44/P Tahun 2023 tertanggal 30 Mei 2023 tentang Pengangkatan Hakim Agung pada Mahkamah Agung RI. Kepala Badan Pengawasan MA selaku Plh Sekretaris MA membacakan keputusan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), untuk mengangkat ketiganya sebagai hakim agung sejak pengambilan sumpah atau janji masing-masing ketiga hakim agung.

Adapun Hakim Agung Kamar Perdata yang baru yakni Dr. Lucas Prakoso yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Sedangkan Hakim Agung pada Kamar Agama, Dr. Imron Rosyadi, sebelumnya menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda.

Untuk Lulik Tri Cahyaningrum yang dilantik sebagai Hakim Agung pada Kamar Tata Usaha Negara sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Badan Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara. Acara pelantikan itu disaksikan secara langsung oleh jajaran pimpinan MA, semua hakim agung dan hakim ad hoc, pejabat eselon 1 dan 2 pada Mahkamah Agung, serta para undangan.

Hukumonline.com

3 hakim agung baru yang baru dilantik. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan berbagai rangkaian seremonial pengambilan sumpah dan pelantikan hakim agung oleh Ketua MA RI. Dengan pembacaan sumpah dari ketiga hakim agung baru untuk memenuhi kewajiban hakim agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD 1945, menjalankan segala peraturan perundang-undangan secara lurus serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

“Pada hari ini, Jum'at pada tanggal 9 Juni 2023, saya melantik Saudara Dr. Lucas Prakoso sebagai Hakim Agung pada Kamar Perdata. Kedua, Saudara Dr. Imron Rosyadi sebagai Hakim Agung pada Kamar Agama. Ketiga, Saudari Lulik Tri Cahyaningrum sebagai Hakim Agung pada Kamar Tata Usaha Negara. Semoga Tuhan melimpahkan tuntunannya,” kata Prof. Syarifuddin sebelum kemudian menutup sidang paripurna pagi itu.

Tags:

Berita Terkait